11.12.2009

Listrik Keselamatan di Medium Voltage

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/12/2009 03:47:00 PM No comments
Medium Voltage disconnector dalam instalasi listrik s bukan perangkat keselamatan!



makalah pada konferensi CIRED dengan judul "Medium Voltage Disconnector s dan Keselamatan" ... dan pesan utama "MV disconnector s tidak listrik alat pengaman". Topik bisa dilihat sebagai kontroversial, tetapi benar-benar mengangkat keprihatinan nyata tentang bagaimana keselamatan listrik dapat diatasi.

Pembantu yang sedikit terkejut dengan pesan, seperti kebingungan yang sangat umum. Hal ini mungkin terkait dengan fakta bahwa, untuk instalasi LV, pemutusan listrik yang diatur dalam spesifikasi sebagai fungsi pengaman, dengan persyaratan yang relevan dan kriteria penerimaan. Namun, tidak demikian halnya perangkat di atas 1kV, karena pentanahan dari rangkaian tersebut adalah selalu diperlukan sebelum pekerjaan dapat dilakukan pada konduktor (kecuali jika hidup prosedur kerja yang diterapkan).

Ketika datang ke spesifikasi listrik, industri kita memiliki "kecenderungan kuno", kebiasaan buruk, yang adalah melupakan tentang analisis dasar aplikasi. Beberapa berbicara tentang "copy-paste" sindrom ...

Seperti analisis dasar yang diperlukan untuk penilaian risiko yang efektif, dan kemudian definisi yang tepat tentang langkah-langkah perlindungan yang akan diterapkan. Menggunakan kata "keamanan" yang terkait dengan perangkat yang tidak ditentukan, atau digunakan, dengan pemahaman global aplikasi mengarah ke atas kepercayaan yang bisa berbahaya.

Keselamatan adalah sistem keprihatinan, dan tidak dapat dibatasi untuk menggunakan apa yang disebut "alat pengaman".

Beberapa diskusi mengangkat sekitar presentasi saya



Karena kebanyakan situasi yang melibatkan sebuah operator juga menyiratkan untuk memiliki satu sisi ditanahkan, kesenjangan terbuka dalam kasus-kasus seperti belum selesai-stres, dibandingkan dengan isolasi lainnya dalam proses instalasi.

Namun, situasi khusus telah disorot oleh salah satu peserta, tentang tes kabel operasi; dalam situasi seperti ini, yang disconnector sebenarnya digunakan dengan dua rangkaian hidup di sisi-sisinya, dan operator akan mungkin di sekitar kabel yang diuji ... Dalam kasus ini, klaim adalah bahwa disconnector menjadi "fungsi keamanan".

Kenyataannya adalah bahwa situasi seperti itu tidak benar dipertimbangkan ketika menentukan disconnectors, karena dielectic bertahan di bawah situasi seperti itu tidak didefinisikan atau dinilai, dan modus kegagalan yang mungkin tidak diketahui.

Operasi lapangan telah menunjukkan bahwa, selama operasi tersebut, tersedia saklar aman, bahwa risiko rendah - Keselamatan didefinisikan sebagai tingkat risiko yang dapat ditolerir - namun demikian, kebutuhan ini tidak benar dianalisis, dan persyaratan untuk dinyatakan tidak memiliki disconnector s link dengan situasi tes kabel ini.

Menjaga spesifikasi listrik yang didasarkan pada asumsi-asumsi yang salah bisa menyebabkan situasi berbahaya, di mana spesifikasi listrik dapat dipenuhi, tetapi layanan yang diharapkan akan terganggu.

Dan mencoba untuk mendefinisikan aturan-aturan keamanan pada perangkat, tanpa menghubungkan mereka dengan cara perangkat diinstal dan digunakan, tidak cukup untuk mencapai operasi yang aman. Jadi, ketika spesifikasi menggunakan kata-kata "alat pengaman", konsekuensi dari sebuah over-fokus, atau over-confidence, dapat menjadi kritis.

Risiko listrik tidak ada. Lebih baik untuk memahami dengan benar, dalam rangka untuk mengurangi dan untuk mencegah sejauh mungkin konsekuensi yang mungkin terjadi.

Kita harus melatih specifiers dan operator dari setiap instalasi listrik untuk lebih memahami fungsi, pertunjukan dan keterbatasan perangkat yang tersedia, dan juga pengetahuan yang lebih baik dari analisis keselamatan ide-ide.

Any feedback is welcome
Didier Fulchiron

Reactions:

0 comments:

Post a Comment