11.21.2009

Rumus Daya Hantar Kabel

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/21/2009 08:48:00 AM 2 comments
Chosen by Asker
Rumus :

q = ( L x N ) : ( y x ev x E )

q : Penampang kabel dlm mm2.
L : Jarak dlm meter.
N : Daya dlm watt.
y : Daya hantar jenis (Tembaga=56 ; Aluminium=32,7 ; Besi = 7)
ev : Rugi tegangan yg diinginkan dlm Volt.
E : Tegangan dlm Volt.

Demikian semoga bermanfaat..





11.20.2009

Electrical, Reliability and Radio Characteristics

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 06:02:00 PM 1 comment
Siemens MC75 merupakan yang pertama GSM / GPRS modul radio yang menampilkan teknologi EDGE, yang secara teori mempunyai laju bit maksimum 474 kbps dibandingkan dengan 171 kbps GPRS dalam jaringan GSM di seluruh dunia (sumber: siemens-wm.com). Bagian bawah memberi Anda informasi tentang Sony Ericsson MC75, dengan listrik, keandalan dan karakteristik radio dalam hal membantu Anda dengan cepat mengambil listrik rincian informasi mengenai persyaratan untuk dipertimbangkan untuk mengintegrasikan komponen lebih lanjut.

Photobucket

Bab ini berisi bagian seperti Maksimum Mutlak Sony Ericsson MC75 Ratings, Suhu Operasi (ambang shutdown overtemperature diatur ke 90 ° C papan suhu), Pin Tugas dan Signal Keterangan (termasuk fungsi, nama sinyal, IO, bentuk dan tingkat singnal, dalam tampilan tabel) , Power Supply Tinjauan (suplai tegangan, tegangan drop selama mengirimkan meledak, tegangan riak, arus suplai Negara OFF, rata-rata arus suplai siaga), daftar konsumsi sekarang selama Tx meledak untuk GSM 850MHz dan GSM 900MHz, Electrostatic Discharge Khusus (Special ESD perlindungan yang diberikan pada listrik Siemens MC75) dan yang terakhir adalah ringkasan dari kondisi pengujian kehandalan (getaran, shock setengah-sinus, panas kering, panas lembap siklik, dan eksposur konstan).



120 SERIES (1 lb-ft, 25°)

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 04:40:00 PM No comments
Photobucket

Photobucket

Photobucket


Photobucket

Photobucket

Photobucket



easYgen-300 J1939 Message

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 04:23:00 PM No comments
The easYgen-320 / X dan easYgen-350 / X adalah J1939 mampu membayangkan DM1 atau dm2 pesan alarm dalam 7-segement layar, yang dikirim oleh kontrol mesin melalui DAPAT easYgen bus. Gambar berikut sebuah easYgen-300 menunjukkan J1939 khas DM1 tampilan pesan alarm.



Photobucket



Konten berikut ini divisualisasikan untuk DM1 dan dm2 pesan error:

* DM identifier - DM1 (Data Memory 1) atau dm2
* Nomor SPN - Tersangka Parameter Jumlah
* Nomor FMI - Failure Mode Identifier
* OC - Kejadian Counter

Pesan kesalahan yang ditunjukkan dengan tampilan bergulir. Menggulir tampilan yang dimulai dengan sebuah header, menampilkan satu pesan, dan diakhiri dengan penanda akhir. Header (J1939) ditampilkan kiri-dibenarkan dalam layar 7-segement untuk satu detik dan kemudian mulai gulir. Header dan pesan kesalahan pertama dipisahkan oleh sebuah kosong. Keempat unsur isi pesan kesalahan yang dipisahkan oleh sebuah dashboard. Masing-masing pesan error dipisahkan oleh dua kosong. Pesan kesalahan yang terakhir dan akhir marker dipisahkan oleh dua kosong. Akhir marker (Akhir) ditampilkan untuk satu detik. Kemudian layar mulai bergulir lagi.

Contoh di atas menunjukkan tiga DM1 pesan kesalahan:
Kesalahan # DM pengenal SPN # FMI # OC
1 dn1 (DM1) 0.120 20 03
2 dn1 (DM1) 0190 05 09
3 dn1 (DM1) 1312 31 10




DTSC-200

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 04:11:00 PM No comments
The DTSC-200 adalah digital yang sangat fleksibel transfer switch controller untuk Standar, Tertunda, atau Closed Transfer Switches. Mungkin dikonfigurasi untuk tiga aplikasi yang berbeda mode: Utility untuk Generator, Generator untuk Generator, dan Utility untuk Utility.
Fitur:

* FlexAppTM Teknologi
* Transfer switch jenis:
Standar, Tertunda, Closed
* Application mode:
Util-Gen, Gen-Gen, Util-Util
* Elevator pra-sinyal
* Motor sinyal lepaskan beban
* Configurable tingkat perjalanan / penundaan
* Transfer menghambat fungsi
* LogicsManager untuk beradaptasi programmable relay untuk kebutuhan anda
* Multi-lingual kemampuan: 2 bahasa
Inggris, Jerman
* Fleksibel dan Dinamis multifungsi LCD
* True rms tegangan dengan penginderaan FlexRange
* True rms merasakan arus / daya
* Event recorder (300 entries, FIFO) dengan real-time clock
* 12 diskrit input / 9 diskrit output
* Graphic LC display with tombol lembut
* 4 status LED untuk ketersediaan dan pemecah sumber negara
* PC dan / atau panel depan dikonfigurasi

Komunikasi:

* RS-485 Modbus slave interface untuk komunikasi PLC
* CANopen untuk terminal eksternal (misalnya ekstensi IKD 1 kartu dengan sampai 16 tambahan eksternal I / O)
* Woodward CAL protokol untuk konfigurasi melalui PC dan untuk antarmuka gateway 4 GW konverter untuk berkomunikasi dengan PLC
* Serial interface untuk konfigurasi dan berinteraksi dengan modem eksternal

Perlindungan:

* Sumber pemantauan dengan disesuaikan gagal dan mengembalikan batas
o Overvoltage / undervoltage (ANSI # 59/27)
o Overfrequency / underfrequency (ANSI # 81O / U)
o Tegangan asimetri (ANSI # 47)
o Field rotasi
* Overload pemantauan (ANSI # 32)
* Kelebihan arus pemantauan (ANSI # 50/51)
* Switch pemantauan
o posisi Switch kemasukakalan umpan
o Transfer kegagalan
* Synch mengecek (inphase pemantauan, ANSI # 25)
* Parallel waktu pemantauan
* Generator pemantauan
o Unintended berhenti
o Mulai kegagalan
* Antarmuka pemantauan
Baterai tegangan pemantauan

Khas DTSC-200 Aplikasi (Utility untuk Generator):

Photobucket


easYgen-2000

THE NEW ENERGY EFFICIENCY

Photobucket

Photobucket



easYgen-3000


easYgen-3000




easYgen 300

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 04:04:00 PM No comments
Single Unit Genset Control for Auto Mulai dan Transfer Switch Operasi

EasYgen-320 yang menawarkan mesin otomatis mulai, berhenti, metering, dan generator perlindungan (easYgen-350 dengan menambahkan AMF (Auto Mains Failure) dan mentransfer operasi switch). EasYgen-300 pada seri ini dirancang untuk satu unit operasi terisolasi aplikasi.
Multi-tujuan 6-digit, 7-segmen LED menawarkan kemampuan untuk menampilkan nilai-nilai diukur dan alarm pesan. Operasi bus CAN menambahkan kemampuan untuk menampilkan pesan dari J1939 ECU mesin.
BISA J1939 yang terisolasi izin bus konektivitas ECU. Departemen penjualan kami dapat memberikan informasi mengenai produsen ECU yang dipilih.
Common Features:

* Start / berhenti urutan untuk mesin Diesel
* Pre-cahaya kontrol
* Operasional jam, pelayanan jam, dan mulai counters
* Configurable ambang, penundaan, alarm kelas
* 6-digit 7-segmen LED display untuk
o Mengukur nilai (tegangan, frekuensi, kecepatan)
o Counters (operasi / jasa jam, dimulai)
o Alarms
o ECU pesan
* PC dan panel depan dikonfigurasi
* 15 entri event logger
* Customized tampilan menggunakan kertas-strip

Perlindungan Fungsi:

Baterai tegangan
* Overspeed (ANSI # 12)
* Over / undervoltage (ANSI # 59/27)
* Over / underfrequency (ANSI # 81O / U)
* Mengisi alternator kegagalan
* Peringatan lampu kuning J1939
* J1939 berhenti lampu merah

easYgen-320 Fitur:

Model:
easYgen-320
easYgen-320 / X

* Generator pemutus arus (GCB) operasi
* 1-fasa generator tegangan RMS benar mengukur (480 Vac diberi nilai)
* Max. 2 dikonfigurasi diskrit input
* 1 bebas estafet porgrammable output

Photobucket


easYgen-350 Fitur:

Model:
easYgen-350
easYgen-350 / X

* Generator dan pemutus arus utama (GCB & MCB) operasi
* Tambahan 3-fase utama tegangan RMS benar mengukur (480 Vac diberi nilai)
* Max. 2 dikonfigurasi diskrit input
* 2 output relay porgrammable bebas

Photobucket

Opsi X Fitur:

Model:
easYgen-320 / X
easYgen-350 / X

Dikonfigurasi 3-fase generator dan mains (easYgen-350 / x hanya) benar mengukur tegangan RMS (480 Vac diberi nilai)

* Visualisasi dari pesan ECU J1939
* Visualisasi dari pesan alarm J1939 DM1/DM2
(Lihat contoh pesan alarm J1939 DM1 visualisasi)
* MPU input (magnetik / switching)

Sertifikasi / pendaftaran: UL / cUL, CE
Photobucket



DTSC-50

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 03:39:00 PM No comments
Photobucket


DTSC-50 yang transfer digital switch controller adalah controller ekonomis open-transisi (istirahat sebelum membuat) transfer otomatis beralih control untuk darurat stand by ap-komplikasi dengan satu generator. Ketika mendeteksi sebuah utilitas perintah kegagalan itu generator untuk memulai dan transfer beban ke sumber darurat. Ketika tenaga listrik dipulihkan itu melakukan transisi terbuka kembali transfer dan memungkinkan mesin untuk mendinginkan-down sebelum berhenti. Hal ini dapat dimanfaatkan dalam 1Ph2W, 1Ph3W, 3Ph3W dan 3Ph4W Systems.

DTSC-50 yang menampilkan nilai tegangan dan frekuensi untuk setiap fase, serta mesin jam, pemeliharaan jam dan jumlah transfer. Alarm aktif annunciated melalui tampilan LED tujuh segmen. Terpisah pemutus LED......
menunjukkan status dan ketersediaan sumber. Sealed soft-keys memungkinkan pengguna untuk memulai dan mengoperasikan generator transfer switch secara manual.
Fitur-fitur

* Open transisi pengalihan
* 6-digit, 7-segmen LED untuk

- Menampilkan nilai-nilai pengukuran (V, f)
- Layar counters
- Layar alarm
* Configurable tingkat perjalanan / penundaan
* Customizable menampilkan menggunakan kertas-strip
* Counters untuk:

- Operasi jam
- Pemeliharaan
- Jumlah dimulai
- Jumlah transfer
* Removable terminal blok untuk memudahkan pengkabelan
* Configurable via PC dan / atau panel depan
* Password perlindungan

Protection & Monitoring

* Perlindungan
Dikonfigurasi gagal dan mengembalikan batas / timer untuk:
- Lebih dari / di bawah tegangan (ANSI # 59/27)
- Lebih dari / di bawah frekuensi (ANSI # 81O / U)
- Tegangan keseimbangan (ANSI # 47)
- Tahap rotasi (ANSI # 47)
* Switch pemantauan

- Switch posisi umpan balik
- Transfer kegagalan

I / O Set

* 1 atau 3 phase generator dan tegangan rms benar utama, mengukur input: 480 Vac rated (maks. 600 Vac)
* 2 dikonfigurasi diskrit input
* 3 programmable relay output



Sertifikasi / pendaftaran: UL / cUL (pending), CE
Photobucket

Alat Pembagi Beban Generator

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/20/2009 03:14:00 PM No comments
Photobucket



Pendahuluan
Listrik seperti kita ketahui adalah bentuk energi sekunder yang paling praktis penggunaannya oleh manusia, di mana listrik dihasilkan dari proses konversi energi sumber energi primer seperti batu bara, minyak bumi, gas, panas bumi, potensial air dan energi angin.
Sistem pembangkitan listrik yang sudah umum digunakan adalah mesin generator tegangan AC, di mana penggerak utamanya bisa berjenis mesin turbin, mesin diesel atau mesin baling-baling. Dalam pengoperasian pembangkit listrik dengan generator, karena faktor keandalan dan fluktuasi jumlah beban, maka disediakan dua atau lebih generator yang dioperasikan dengan tugas terus-menerus, cadangan dan bergiliran untuk generator-generator tersebut.

Penyediaan generator tunggal untuk pengoperasian terus menerus adalah suatu hal yang riskan, kecuali bila bergilir dengan sumber PLN atau peralatan UPS.
Untuk memenuhi peningkatan beban listrik maka generator-generator tersebut dioperasikan secara paralel antar generator atau paralel generator dengan sumber pasokan lain yang lebih besar misalnya dari PLN.
Sehingga diperlukan pula alat pembagi beban listrik untuk mencegah adanya sumber tenaga listrik terutama generator yang bekerja paralel mengalami beban lebih mendahului yang lainnya.
Operasi Generator Secara Paralel
Pasokan listrik ke beban dimulai dengan menghidupkan satu generator, kemudian secara sedikit demi sedikit beban dimasukkan sampai dengan kemampuan generator tersebut, selanjutnya menghidupkan lagi generator berikutnya dan memparalelkan dengan generator pertama untuk memikul beban yang lebih besar lagi. Saat generator kedua diparalelkan dengan generator pertama yang sudah memikul beban diharapkan terjadinya pembagian beban yang semula ditanggung generator pertama, sehingga terjadi kerjasama yang meringankan sebelum beban-beban selanjutnya dimasukkan.....

Seberapa besar pembagian beban yang ditanggung oleh masing-masing generator yang bekerja paralel akan tergantung jumlah masukan bahan bakar dan udara untuk pembakaran mesin diesel, bila mesin penggerak utamanya diesel atau bila mesin-mesin penggeraknya lain maka tergantung dari jumlah (debit) air ke turbin air, jumlah (entalpi) uap/gas ke turbin uap/gas atau debit aliran udara ke mesin baling-baling.
Jumlah masukan bahan bakar/ udara, uap air/ gas atau aliran udara ini diatur oleh peralatan atau katup yang digerakkan governor yang menerima sinyal dari perubahan frekuensi listrik yang stabil pada 50Hz,
yang ekivalen dengan perubahan putaran (rpm) mesin penggerak utama generator listrik. Bila beban listrik naik maka frekuensi akan turun, sehingga governor harus memperbesar masukan ( bahan bakar/udara, air, uap/gas atau aliran udara) ke mesin penggerak utama untuk menaikkan frekuensinya sampai dengan frekuensi listrik kembali ke normalnya. Sebaliknya bila beban turun, governor mesin-mesin pembangkit harus mengurangi masukan bahan bakar/udara, air, uap air/gas atau aliran udara ke mesin-mesin penggerak sehingga putarannya turun sampai putaran normalnya atau frekuensinya kembali normal pada 50 Hz. Bila tidak ada governor maka mesin-mesin penggerak utama generator akan mengalami overspeed bila beban turun mendadak atau akan mengalami overload bila beban listrik naik.
Prinsip Alat Pembagi Beban Generator
Governor beroperasi pada mesin penggerak sehingga generator menghasilkan keluaran arus yang dapat diatur dari 0 % sampai dengan 100% kemampuannya. Jadi masukan ke mesin penggerak sebanding dengan keluaran arus generatornya atau dengan kata lain pengaturan governor 0 % sampai dengan 100 % sebanding dengan arus generator 0% sampai dengan 100 % pada tegangan dan frekuensi yang konstan.
Governor bekerja secara hidrolik/mekanis, sedangkan sinyal masukan dari keluaran arus generator berupa elektris, sehingga masukan ini perlu diubah ke mekanis dengan menggunakan elektric actuator untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan gerakan mekanis yang diperlukan oleh governor.

Pada beberapa generator yang beroperasi paralel, setelah sebelumnya disamakan tegangan, frekuensi, beda phasa dan urutan phasanya, perubahan beban listrik tidak akan dirasakan oleh masing-masing generator pada besaran tegangan dan frekuensinya selama beban masih dibawah kapasitas total paralelnya, sehingga tegangan dan frekuensi ini tidak digunakan sebagai sumber sinyal bagi governor.

Untuk itu digunakan arus keluaran dari masing-masing generator sebagai sumber sinyal pembagian beban sistem paralel generator-generator tersebut.
Saat diparalelkan pembagian beban generator belum seimbang/sebanding dengan kemampuan masing-masing generator. Alat pembagi beban generator dipasangkan pada masing-masing rangkaian keluaran generator, dan masing-masing alat pembagi beban tersebut dihubungkan secara paralel satu dengan berikutnya dengan kabel untuk menjumlahkan sinyal arus keluaran masing-masing generator dan menjumlahkan sinyal kemampuan arus masing-masing generator.

Arus keluaran generator yang dideteksi oleh alat pembagi beban akan merupakan petunjuk posisi governor berapa % , atau arus yang lewat berapa % dari kemampuan generator. Hasil bagi dari penjumlahan arus yang dideteksi alat-alat pembagi beban dengan jumlah arus kemampuan generator -generator yang beroperasi paralel dikalikan 100 (%) merupakan nilai posisi governor yang harus dicapai oleh setiap mesin penggerak utama sehingga menghasilkan keluaran arus yang proprosional dan sesuai dengan kemampuan masing-masing generator.

Bila ukuran generator sama maka jumlah arus yang dideteksi oleh masing-masing alat pembagi beban dibagi jumlah generator merupakan arus beban yang harus dihasilkan oleh generator setelah governornya diubah oleh electric actuator yang menerima sinyal dari alat pembagi beban sesaat setelah generator diparalelkan .
Instalasi Teknis
Dalam prakteknya alat pembagi beban generator dipasang dengan bantuan komponen-komponen seperti berikut : trafo arus, trafo tegangan (sebagai pencatu daya), electric actuator, potensiometer pengatur kecepatan dan saklar-saklar bantu. Lihat diagram pengkabelannya dalam Gambar 1.

Photobucket

1. Trafo arus berfungsi sebagai transducer arus keluaran generator sampai dengan sebesar arus sinyal yang sesuai untuk alat pembagi beban generator (biasanya maksimum 5 A atau = 100 % kemampuan maksimum generator)
2. Trafo tegangan berfungsi sebagai sumber daya bagi alat pembagi beban, umumnya dengan tegangan 110 V AC, 50 Hz; dibantu adapter untuk keperluan tegangan DC.
3. Electric actuator merupakan peralatan yang menerima sinyal dari alat pembagi beban sehingga mampu menggerakkan motor DC di governor sampai dengan arus keluaran generator mencapai yang diharapkan.
4. Potensiometer pengatur kecepatan adalah alat utama untuk mengatur frekuensi dan tegangan saat generator akan diparalelkan atau dalam proses sinkronisasi. Tegangan umumnya sudah diatur oleh AVR, sehingga naik turunnya tegangan hanya dipengaruhi oleh kecepatan putaran mesin penggerak. Setelah generator dioperasikan paralelkan atau sudah sinkron dengan yang telah beroperasi kemudian menutup Mccb generator, fungsi potensiometer pengatur kecepatan ini diambil alih oleh alat pembagi beban generator. Untuk lebih akuratnya pengaturan kecepatan dalam proses sinkronisasi secara manual, biasanya terdapat potensiometer pengatur halus dan potensiometer pengatur kasar.
5. Pada sistem kontrol otomatis pemaralelan generator dapat dilakukan oleh SPM (modul pemaralel generator) dengan mengatur tegangan dan frekuensi keluaran dari generator, kemudian mencocokan dengan tegangan dan frekuensi sistem yang sudah bekerja secara otomatis, setelah cocok memberikan sinyal penutupan ke Mccb generator sehingga bergabung dalam operasi paralel. Untuk mencocokkan tegangan dan frekuensi dapat dilihat dalam satu panel sinkron yang digunakan bersama untuk beberapa generator dimana masing-masing panel generator mempunyai saklar sinkron disamping SPM-nya.

Photobucket

Dalam Gambar 2 ditunjukkan penggunaan alat pembagi beban generator dalam suatu sistem kontrol tenaga generator, kontrol mesin penggerak dan managemen beban.(file power generation control).
f. Saklar-saklar bantu pada alat pembagi beban generator berfungsi sebagai alat manual proses pembagian (pelepasan & pengambilan) beban oleh suatu generator yang beroperasi dalam sistem paralel. Misalnya *saklar 1 ditutup untuk meminimumkan bahan bakar diesel yang berarti melepaskan beban.* Saklar 3 ditutup untuk menuju pada kecepatan kelasnya (rated speed) yang berarti pengambilan beban dari generator yang perlu diringankan beban listriknya.
Setelah generator beroperasi secara paralel, generator-generator dengan alat pembagi bebannya selalu merespon secara aktif segala tindakan penaikan atau penurunan beban listrik, sehingga masing-masing generator menanggung beban dengan prosentasi yang sama diukur dari kemampuan masing-masing
Kesimpulan

1. Alat pembagi beban generator merupakan peralatan otomatis yang menyeragamkan operasi governor dalam menaikkan atau menurunkan power mesin atau daya generator sesuai perubahan bebannya, dan sangat diperlukan bila memiliki lebih dari dua generator dengan karakteristik yang berbeda yang beroperasi secara paralel.
2. Dengan alat pembagi beban generator, maka setiap generator mempunyai faktor penggunaan (beban maksimum dibagi kapasitas generator) yang sama dan kecil yang berarti bagus.
3. Perubahan beban akibat pemasukan atau pengeluaran generator dari sistem paralel generator-generator akan dirasakan sama oleh setiap generator dalam sistem tsb , tanpa overload atau overspeed.
4. Alat pembagi beban generator hanya bisa diterapkan pada generator set-engine yang mempunyai governor dan bisa dikembangkan untuk sistem kontrol yang lebih lanjut seperti kontrol dengan distributed control system (DCS). q

Daftar Pustaka

1. 300 KW SEBP1384, Caterpillar Parts, 3412 Generator Set Engine
2. Woodward Engine Control, USA 9704825811
3. Power station engineering and economy, Bernhardt G.A. Skrotzki and William A Vopat

Ir. Kondang HADISASONO, IP
PENGAMAT TEKNOLGI
Koordinator Lembaga Konsumen Listrik Indonesia



11.19.2009

DC Power Systems.

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/19/2009 07:27:00 PM 1 comment
Sistem listrik di Ross Revenge secara resmi 220 volt DC. Sistem AC yang saat ini menyediakan sumber dari semua kekuatan dipasang murni untuk menjalankan peralatan penyiaran ketika ia dikonversi ke kapal radio pada tahun 1982. Sebagian besar kapal peralatan asli masih mengalir dari DC utama, yang sekarang berasal dari AC melalui sebuah transformator dan sistem penyearah. Namun, kehidupan modern membutuhkan pasokan AC, yang sangat penting untuk kenyamanan barang-barang seperti ceret listrik, microwave oven, toaster, televisi, radio, dan banyak barang lain yang kita anggap sudah seharusnya seperti lampu fluorescent yang tidak ada onboard kenyataan yang pukat pada tahun 1960.
DC Power dapat bersumber dari satu atau lebih dari empat sumber: Ada dua Deutz 6 silinder generator 120kw diberi nilai di masing-masing, dan efisien bahan bakar tambahan MWM "pelabuhan" genset, 35kw diberi nilai pada layanan-layanan penting untuk tetap berjalan selama berada di pelabuhan antara memancing . Ada juga poros generator yang digerakkan dari mesin utama, yang luka ganda dengan kedua 220 volt dan 440 volt DC gulungan. 440 volt berkelok-kelok secara eksklusif digunakan untuk menyediakan energisation bagi kapal-kapal trawl winch motor utama.

Photobucket

Deutz set kedua terletak di pelabuhan dan sisi kanan mesin utama dan dengan demikian dikenal sebagai pelabuhan dan kanan gen set. Para mesin Deutz AEG digabungkan ke generator, lebih tepat disebut hanya sebagai Dynamo's. Setiap dinamo dapat memberikan daya 600 ampere. Ingatlah bahwa di dunia DC tidak ada yang namanya satu atau tiga fase, jelas nyata atau kekuasaan, atau faktor daya, sehingga hanya ada satu masukan dari masing-masing genset untuk distribusi utama switchboard. Seperti semua peralatan utama di ruang mesin, generator ini dimulai dengan udara tekan, meskipun sebelum memulai, pegangan pompa manual telah digunakan untuk pompa tekanan minyak sepanjang...... sistem untuk meminimalkan start-up pakai. Sebagai sistem listrik kapal pra-tanggal semikonduktor elektronik dan otomatis regulator, stabilisasi output dari generator harus dilakukan secara manual. Output dari setiap putaran generator yang dijalankan tergantung pada dua faktor: kerapatan fluksi magnetik dalam gulungan dan kecepatan rotasi. Dalam sistem AC, kecepatan rotasi juga akan mempengaruhi frekuensi output (biasanya 50 atau 60 siklus) tetapi ini irrelevent ke DC generator. Tegangan output dari genset juga akan tergantung pada batas tertentu atas beban disajikan ke set - lebih banyak arus yang diambil, semakin tegangan akan cenderung "melorot". Sederhana ini berarti untuk menyediakan beberapa bentuk dasar stabilisasi atau peraturan adalah untuk memvariasikan kecepatan mengemudi mesin diesel untuk dinamo. Namun, ini bukan solusi yang mencakup semua, seperti mengurangi kecepatan terlalu jauh akan menyebabkan daya yang tersedia (tenaga kuda) untuk menjatuhkan, sehingga tidak memberikan karakteristik kinerja yang optimal. Meningkatkan kecepatan mesin akan incease konsumsi bahan bakar, dan jika dijalankan pada kecepatan yang berlebihan tanpa beban yang benar, akan mengakibatkan mesin prematur kenakan. Yang kedua berarti untuk memberikan peraturan itu, adalah untuk dapat bervariasi medan magnet dalam generator unit. Dalam dunia modern, semuanya dari alternator mobil sederhana ke stasiun tenaga nuklir memanfaatkan barang elektronik semikonduktor medan magnet bervariasi dengan mengatur arus yang melalui satu set gulungan medan elektromagnetik untuk memberikan kontrol yang lebih tepat output. Namun, teknologi ini tidak tersedia dalam tahun 1960, sehingga walaupun arus elektromagnetik bervariasi, pengawasan dilakukan secara manual dengan cara kontrol besar roda tersambung ke variabel besar perlawanan "rheostat" untuk mengatur arus. Arus melewati gulungan medan elektromagnetik juga dihasilkan oleh generator yang sama, sehingga tingkat keahlian yang tinggi diperlukan untuk mesin bervariasi baik kecepatan dan arus medan untuk memberikan yang benar 220 volt output untuk apa pun beban yang dibutuhkan yang harus diberikan dengan kekuasaan tanpa atas atau di bawah revving mesin atau menggunakan bahan bakar yang berlebihan. Sebagai besar, peralatan konsumsi berat dinyalakan dan dimatikan, interaktif penyesuaian dari kedua kontrol akan dibutuhkan. Kecepatan rotasi dari mesin Deutz adalah kira-kira 900 rpm.

Photobucket
A voltage regulator wheel on the switchboard.

Kedua mesin diesel Deutz didinginkan dengan dengan cara memompa air tawar beredar disuplai dari individu header tank. Air panas ini kemudian dapat juga digabungkan ke dalam sistem air mesin utama, untuk melakukan pra-panas mesin utama sebelum memulai, atau hanya dapat ditularkan melalui penukar panas bersama dengan air laut dimana panas hanya dibuang ke samping .
Dalam sistem DC cukup sederhana untuk memiliki lebih dari satu generator memotori kapal secara bersamaan, atau untuk melakukan hitless beralih di antara keduanya. Dalam sistem AC perlu syncronise kecepatan dan fasa dari kedua generator sebelum mereka dapat diterapkan untuk beban yang sama, tetapi hal ini tidak diperlukan dalam suatu lingkungan DC. Hal ini hanya diperlukan untuk membawa gensets ke tegangan output yang sama, dengan cara baik kecepatan atau fluksi magnetik kontrol, dan tempat yang baik online dengan menutup yang relevan pemutus arus utama. Tegangan kemudian dapat baik-baik saja disesuaikan sedemikian rupa sehingga beban diambil sama oleh kedua set. Selain menyediakan sarana koneksi dan diskoneksi, pemutus utama juga menyediakan perlindungan atas-arus, dan dengan cara holding kumparan, di bawah perlindungan tegangan. Yang terakhir ini akan mencegah sebuah genset yang diletakkan secara online kecuali bila menghasilkan output yang memadai, dan dalam hal hilangnya output akan mengambil set off-line sehingga tidak terbalik disuplai dari unit lain. Dalam lingkungan operasi, semua empat dari generator DC (dua Deutz, MWM dan poros) dapat diaktifkan dan off line dengan cara ini tanpa menyebabkan hilangnya kekuasaan ke kapal.
Sebagai output dari generator poros tergantung pada kecepatan rotasi mesin utama, itu tidak dapat digunakan untuk menyalakan sementara kapal manuver yang sedang berlangsung dan pada saat-saat salah satu Deutz itu akan berada dalam jangkauan layanan. Namun, ketika daya selama berjam-jam, atau berhari-hari pada suatu waktu pada kecepatan konstan kedua Deutz dapat dihentikan, dan poros generator yang digunakan untuk menyediakan semua kebutuhan listrik kapal.
Poros generator luka ganda dengan 220 dan 440 volt DC gulungan. 220 volt berkelok-kelok, diberi nilai di??? watt dapat digunakan untuk menyediakan semua kapal tenaga listrik ketika mesin utama beroperasi pada kecepatan konstan. The 440volt berkelok-kelok, nilai pada 1000 yang mengesankan amp (hampir setengah megawatt) digunakan hanya untuk menyalakan winch kapal trawl utama. Meskipun ada beberapa kendali atas kekuatan yang dikembangkan oleh berkelok-kelok ini, sebagian besar kontrol atas torsi dan kecepatan winchs akan dilakukan dengan memvariasikan kecepatan mesin utama. Dalam cirumstances ini, penyediaan vulcan gandengan dan variabel-pitch baling-baling akan penting dalam menjaga posisi kapal. Sementara trawl, dan mengoperasikan winch, sebuah Deutz menetapkan akan memberikan sisa kapal dengan kekuasaan. Karena kekuasaan yang besar yang terlibat dalam poros generator, listrik eksternal blower udara harus digunakan untuk menjaga dan isi perut gulungan dingin di bawah operasi. Gensets yang lebih kecil menggunakan kipas yang dipasang poros sederhana untuk menjaga gulungan dingin, lebih mirip alternator mobil tidak.
Demikian sistem DC digambarkan memiliki satu kemampuan yang menarik, yang sama sekali tidak mungkin dalam lingkungan AC. Karena setiap siswa fisika SMA tahu, sebuah dinamo dan motor listrik sangat hampir proses kebalikan satu sama lain. Oleh karena itu, inheritently dapat menggunakan dinamo sebagai motor dan sebaliknya. Pengaturan switching atas Revenge Ross sedemikian rupa sehingga salah satu gensets Deutz dapat digunakan untuk "membalikkan makan" poros generator, sehingga memaksanya untuk bertindak sebagai sebuah motor. Hal ini dapat memberikan dorongan tambahan kekuatan pendorong dalam acara dari segala sesuatu yang diperlukan, atau dalam hal terjadi kegagalan total mesin utama, dapat memberikan dorongan listrik darurat. Kekuatan dikembangkan sehingga akan ada lebih dari beberapa ratus tenaga kuda, mengakibatkan kecepatan beberapa knot paling banyak, tetapi pengaturan berguna yang unik tidak kurang.

Photobucket

Photobucket

Switchboard utama di ruang mesin mengontrol semua distribusi daya asli di sekitar kapal. Sub-papan yang lebih kecil dipasang di daerah menggunakan berat lainnya seperti Calley, Jembatan dan daerah akomodasi, yang diberi makan dari sirkuit pemutus pada panel utama. Dari posisi ini adalah mungkin untuk mengoperasikan dan mengisolasi sistem listrik asli ada di kapal. Beberapa layanan yang dianggap penting, seperti sistem ruang mesin, dan lain-lain yang tidak penting seperti pencahayaan dan pemanas kabin. Dalam hal parsial bencana kegagalan sistem listrik non layanan penting dapat dengan cepat dan mudah menjatuhkan, sehingga memungkinkan kekuatan apapun yang tersedia untuk digunakan bagi keselamatan kapal. Operator ini terbuka untuk belakang dan itu benar-benar layak untuk melangkah masuk untuk pemeliharaan atau untuk mengganti sumbu. Sebuah desain seperti ini pasti akan modern yang tidak memenuhi persyaratan Kesehatan dan Keselamatan karena terdapat besar "pisau" jenis saklar dan tembaga telanjang tebal busbars beberapa inci di sini. Besar panel meter di bagian atas memungkinkan para insinyur untuk melihat secara tepat seberapa banyak daya yang mengalir dan dimana akan

Photobucket
A partial view of the main switchboard
with the starboard Deutz pipework
in the foreground.

Photobucket
The Rotary Converter.

Photobucket
The remains of part of the port-side Deutz

Ketika awalnya dikonversi untuk digunakan sebagai kapal radio dan generator AC yang dilengkapi dengan fasilitas, itu jelas masuk akal untuk memperoleh daya DC dari generator baru untuk menghindari kebutuhan untuk secara bersamaan menjalankan AC gensets untuk menyalakan peralatan siaran dan DC gensets untuk menyalakan sistem kapal. Pertama berarti untuk mencapai ini adalah dengan cara motor-generator atau "rotary converter", yang cukup sederhana adalah motor AC poros-digabungkan langsung ke dinamo. Walaupun sederhana, pengaturan ini tidak terlalu efisien dan kebutuhan untuk memiliki motor dan generator berputar 24 jam sehari memiliki masalah perawatan lainnya. Satu tahun atau lebih ke penyiaran karier, Revenge Ross dilengkapi dengan tiga fase transformator dan sistem rectifier untuk menurunkan 220 volt DC dari 460 volt, tiga-fase siklus 60 siaran feed. Namun, pada hari-hari awal karir nya tidak siaran sistem ini beroperasi, yang mengharuskan menjalankan DC gensets di ruang mesin. Sebagai generator ini secara langsung di bawah studio, beberapa generator signifikan gemuruh itu mudah terlihat setiap kali mikrofon itu hidup!
Saat ini, Deutz sisi kanan adalah dalam rangka menjalankan baik-baik saja, meskipun ribuan jam tugasnya telah dilakukan selama 40 tahun terakhir. Dijalankan dan dimasukkan online untuk setidaknya beberapa menit beberapa kali setiap tahun. Yang MWM juga diyakini berada di urutan kerja yang baik, meskipun tidak berjalan selama beberapa tahun. Sebuah kesalahan dengan pipa udara untuk memulai set ini dicegah dari berjalan untuk waktu yang lama dan meskipun ini kini telah diperbaiki, peluang tidak muncul untuk memulai itu. Sayangnya Deutz kiri kapal tidak dalam kondisi baik seperti itu dan sebenarnya korban awal dalam kapal-kapal peran penyiaran. Karena pengawasan yang paling menguntungkan itu berjalan dengan setengah terbuka saluran minyak ayam, dan membawa kerusakan terjadi. Seperti pada saat itu mayoritas kapal tenaga listrik disediakan oleh generator AC baik secara langsung atau melalui konverter / penyearah, dan dua lainnya gensets DC perbaikan operasional tetap tidak unertaken. Selama tahun 1990-an makna yang baik relawan memutuskan saat yang tepat untuk mencoba memperbaiki genset, dan itu ekstensif dibongkar untuk memungkinkan akses ke bantalan poros engkol. Namun pada titik ini anggota awak kehilangan antusiasme dalam proyek dan di tahun follwoing tidak seorang pun memiliki kecenderungan untuk baik menyelesaikan perbaikan atau merakit ulang mesin. Jadi selama beberapa tahun sekarang, generator telah di potong dan bagian-bagian itu telah tersebar di seluruh ruang mesin. Apakah semua bagian yang bisa ditempatkan untuk membangun kembali himpunan masih harus dilihat. Sebagai badan keamanan laut mengharuskan semua generator set untuk dapat beroperasi untuk kapal yang akan disertifikasi layak laut, tindakan akan suatu hari diperlukan. Entah mesin asli dapat diperbaiki dan dibangun kembali, atau dapat dilepas dan diganti dengan mesin baru, tapi dengan dinamo asli. Ini tidak akan mudah karena keterbatasan akses ke ruang mesin dan berat dan sebagian besar headblock dan komponen lainnya. Sebuah alternatif akan menghapus seluruh pabrik, dan menggantinya dengan genset AC yang modern, tetapi ini akan membutuhkan feed baru ke AC switchboard di pemancar terus. Namun, AC genset sini akan memiliki keuntungan untuk menghasilkan air panas yang dapat dipompa mengelilingi sistem pemanas sentral.







PLC TIPS AND HINTS

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/19/2009 11:41:00 AM No comments
Empat topik yang dibahas:

1) Membuat dan menggunakan 'satu tembakan'

2) Membuat Toggling logika

3) Memukul PLC masalah waktu pemindaian

4) Menerapkan proporsional sederhana PLC controller di logika


- The 'satu tembakan', apa itu, apa yang baik, bagaimana untuk membuat satu jika PLC tidak memiliki fitur ini:


Sebuah satu kesempatan adalah sebuah kumparan yang berjalan benar setiap kali memungkinkan anak tangga di depan itu benar, dan tetap berlaku untuk satu scan saja, tidak peduli berapa lama memungkinkan anak tangga itu benar. Yang satu kesempatan ini berguna bila Anda memiliki beberapa kondisi yang terjadi dan aktif dan Anda ingin memiliki PLC mengambil tindakan pada negara benar hanya untuk satu scan setiap kali memungkinkan anak tangga pergi dari true ke false. Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menghitung berapa kali suatu peristiwa yang terjadi selama lebih dari satu scan terjadi, namun hitungan total akan melebihi kapasitas PLC's dibangun di counter. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini, jika Anda memiliki floating point PLC register yang tersedia, adalah menambahkan satu ke titik mengambang mendaftar setiap kali anak tangga berjalan benar.

NAMUN jika Anda menggunakan logika seperti ini:


Photobucket

apa yang akan terjadi adalah bahwa selama anak tangga yang bersangkutan benar, Anda akan menambahkan satu ke F8: 1 mendaftar setiap kali scan PLC. Dengan satu tembakan dalam logika:

Photobucket

counter ini akan beroperasi seperti yang diharapkan.

Membuat sendiri satu kesempatan.
Beberapa merek PLC tidak menawarkan satu kesempatan fitur berguna. Dalam hal ini, Anda dapat membuat sendiri dengan beberapa anak tangga logika:

Photobucket

Ini adalah salah satu dari beberapa kasus di mana Common pemrograman PLC urutan di mana Anda menempatkan anak-anak tangga adalah penting. Berikut adalah cara logika kerjanya: Ketika Anda mulai keluar, input I: 3 / 0, bit memori B3: 0 / 2, dan satu tembakan bit output B3: 0 / 1 adalah palsu. Ketika input berubah benar, bit memori masih palsu, sehingga anak tangga kedua itu benar, dan baik sedikit memori dan satu tembakan bit output diatur oleh anak tangga kedua. PLC melengkapi scan dan datang di sekitar ke bagian ini logika lagi, di mana anak tangga pertama menemukan bit output benar, sehingga anak tangga me-reset keluaran (output telah tetap aktif selama satu penuh scan). Bit memori masih benar, sehingga anak tangga kedua tidak mengatur bit output lagi. Selama input tetap benar anak tangga ketiga tidak benar, sehingga sedikit memori tetap ditetapkan. Ketika input berubah palsu anak tangga ketiga me-reset bit dan memori pemindaian berikutnya yang menemukan input benar dapat memulai seluruh proses dari awal lagi. Urutan anak tangga ini penting karena Anda tidak ingin PLC untuk melihat anak tangga pertama sampai setelah itu telah menyelesaikan memindai penuh dengan output sedikit di.

- Toggling logika

Aku belum pernah melihat sebuah PLC yang menawarkan fitur Toggling. Sebuah Toggling output akan beralih dari ke pada ketika input berubah benar. Tetap pada input berubah sampai palsu dan kemudian pergi benar lagi, maka output berbunyi. Proses ini berulang setiap kali input kemudian berbunyi kembali. Logika semacam ini sangat berguna di mana Anda ingin satu tombol untuk mengontrol perangkat dengan jenis tindakan Toggling (tekan sekali untuk aktif, tekan lagi tombol yang sama untuk mati), atau di mana Anda ingin memisahkan bagian-bagian aliran sehingga bagian alternatif pergi menjadi dua jalur atau tempat sampah yang berbeda. (Ini semua adalah himpunan bagian dari rangkaian kelas biasanya disebut 'bagi dengan 2' sirkuit.)

Photobucket

Perlu diketahui bahwa input untuk anak tangga kedua harus menjadi satu kesempatan di kontrol sedikit. Logika ini mengambil keuntungan dari cara memecahkan logika PLC untuk setiap anak tangga - pada dasarnya logika PLC pemecah mengambil jalan yang benar pertama ditemukan melalui cabang-cabang anak tangga dan mengabaikan semua cabang-cabang lain, apakah itu benar atau tidak. Jika Anda PLC merek tertentu tidak mengikuti konvensi ini, maka logika ini tidak akan bekerja. Ia bekerja di Allen Bradley SLC, PLC, dan Micrologix, Mitsubishi, Toshiba, dan Sony Ericsson Langkah 5 PLC.

- PLC masalah waktu pemindaian dan cara mengalahkan mereka

Jika Anda desain kontrol untuk mesin kecepatan tinggi atau proses pada akhirnya anda akan menemukan kasus di mana waktu pemindaian PLC cukup panjang sehingga menyebabkan masalah. Pertama kali saya melihat ini adalah dengan mesin pembangun yang menggunakan encoder inkremental untuk melaporkan posisi mesin. Kenaikan encoder menghasilkan sejumlah (biasanya 180, 360, atau lebih) dari pulsa pada satu jalur output setiap kali batang itu dihidupkan melalui satu revolusi. Jika Anda menghitung ini di sebuah counter pulsa di PLC, dan jika Anda memiliki posisi nol sensor yang akan reset setiap kali counter poros berubah melalui lokasi nol, maka nomor di konter akan sesuai dengan posisi poros. Kemudian Anda bisa membangun 'Cams' dalam logika PLC dengan membandingkan nilai counter ke nilai-nilai preset untuk menciptakan output yang pergi dan turun di posisi poros preset yang berbeda. Perusahaan ini telah menggunakan metode ini berhasil selama bertahun-tahun sampai hari mereka memutuskan untuk meningkatkan kecepatan mesin dengan faktor dua. Mesin tiba-tiba mulai mencoba melepaskan diri terpisah. Mereka akan berfungsi baik pada kecepatan lebih lambat tua, tetapi ketika kecepatan itu muncul sinkronisasi telah hilang dan bagian yang bergerak bergerak pada waktu yang salah menyebabkan 'crash'. Banyak encoders diuji, selalu dengan hasil yang sama. Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa counter tidak menghitung yang lengkap dari 360 pulsa setiap kali poros membuat revolusi. Apa yang terjadi adalah bahwa output dari encoder yang beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi akan dari salah ke benar dan kembali ke salah selama waktu yang dibutuhkan untuk PLC untuk membuat satu scan. Scan PLC terdiri dari tiga tindakan: melihat semua masukan dan salinan negara mereka ke sebuah input meja, memecahkan logika tangga berdasarkan nilai-nilai dalam tabel input dan menulis hasil ke sebuah output meja, lalu salin ke meja output output fisik. Karena PLC mengabaikan nilai dari input pada langkah memecahkan logika (yang mengambil sebagian besar waktu pemindaian) dan selama menulis output langkah, ia mengabaikan beberapa transisi cepat dari encoder berfungsi dengan benar. Dalam kasus ini adalah solusi terbaik untuk menggantikan incremental encoder dengan posisi mutlak encoder. Jenis encoder ini memiliki banyak baris output sehingga dapat mengirim PLC nilai absolut dari posisi poros itu di biner atau kode BCD format setiap saat. Setiap kali PLC melihat masukan dari encoder mutlak ia melihat nomor yang sesuai dengan posisi poros pada saat tersebut. Sekarang jika PLC tidak memindai cukup cepat untuk memperhatikan setiap transisi dari satu keadaan ke keadaan berikutnya, ia setidaknya tidak akan mengumpulkan kesalahan yang lebih besar dan lebih besar sebagai poros berputar. Setiap individu 'cam' mungkin bisa mistimed oleh sejumlah kecil, namun kesalahan tidak pernah lebih dari PLC waktu pemindaian dan kesalahan tidak terakumulasi sebagai poros berubah. Ada beberapa keuntungan dan kerugian untuk setiap jenis encoder: encoder mutlak tidak rentan terhadap kesalahan seperti kecepatan mesin meningkat, tetapi biasanya membutuhkan 12-16 jalur input PLC, bukan hanya dua untuk incremental encoder. Kenaikan encoder tidak pernah tunduk pada sangat mengganggu 'merindukan negara' atau 'linier diskontinuitas' yang dirancang dengan buruk mutlak encoder dapat menghasilkan. Missed negara merujuk pada kasus di mana, sebagai poros encoder menjadi sangat perlahan melalui posisi yang seharusnya mengambil output dari kedua nilai-nilai berturut-turut 001.111-010.000 Anda mungkin sebentar mendapatkan nilai transisi di mana beberapa perubahan bit dan yang lainnya tidak 001.111> > 001.100>> 011.100>> 010.000. Ini sangat mengganggu. Tidak mutlak modern encoder akan menunjukkan tindakan semacam ini pada setiap posisi poros input itu. Jika Anda tidak, kembali ke pabrik dan mendapatkan satu yang bekerja dengan benar tanpa 'diabaikan negara'

Konsekuensi lain waktu pemindaian PLC adalah bahwa waktu output atau waktu transisi dari negara mengubah sebuah input dan output yang mengendalikan perubahan itu tidak akan benar-benar konsisten dari satu scan yang lain. Dalam setiap PLC 'latency' atau waktu antara perubahan input dan output perubahan akan selalu bervariasi dari scan untuk memindai sebanyak + / - satu waktu pemindaian. Hal ini karena perubahan input tidak disinkronkan dengan aksi pemindaian. Sebuah input akan berubah tepat sebelum salinan PLC masukan ke dalam tabel (dalam hal ini akan diakui di scan yang sama dan akan mengubah output dengan delay terpendek). Di lain pihak, jika masukan perubahan yang baru saja setelah input disalin ke dalam tabel, maka perubahan itu tidak akan diakui sampai scan berikutnya, yang mengakibatkan penundaan terpanjang sebelum perubahan output. Penundaan akan secara acak dari scan untuk memindai kecuali perubahan pada input entah bagaimana disinkronisasi dengan PLC scan, yang jarang jika pernah terjadi dalam kehidupan nyata aplikasi. Berikut adalah contoh di mana waktu pemindaian kesalahan semacam ini dapat menyebabkan masalah: Kami mempunyai motor yang cukup lambat kita mau membuat satu revolusi dan berhenti pada posisi yang tetap yang ditentukan oleh lobus cam pada poros motor dan sebuah beralih prox terhubung ke PLC. PLC memungkinkan motor (dengan menutup 'run' kontak dalam PKS misalnya), dan tetap menggunakan motor diaktifkan sampai ia melihat sinyal prox mengatakan lobus cam telah pindah kembali memutar ke posisi referensi. Dalam hal ini menghentikan waktu dari PKS, waktu respons dari prox saklar, dan kecepatan motor adalah konstan dan dapat diprediksi, tapi tetap saja motor tidak selalu berhenti di posisi yang sama. (Bahkan, jika terlalu sempit cam motor kadang-kadang tidak berhenti AT ALL.) Solusi yang mudah dalam hal ini adalah untuk menambah sepasang relay eksternal disambungkan sehingga selama saklar prox tidak membuat kumparan mengendalikan relay PKS 'run' hubungi diadakan tertutup. Setiap kali batang motor dipindahkan jauh dari posisi lain (prox menyebabkan output untuk pergi) PKS akan berlari, membawa cam di tempat yang tinggi di posisi referensi dimana relay akan keluar dan motor akan berhenti di yang sangat dapat diprediksi dan posisi berulang. PLC memulai setiap 'index' dari motor dengan menggunakan pulsa sesaat cukup lama untuk memindahkan motor 'dari cam'. Sekarang posisi berhenti tidak tergantung pada waktu pemindaian PLC sama sekali, karena PLC tidak mengontrol posisi berhenti. Biasanya PLC desainer mencoba untuk menghilangkan semua relay eksternal. (Ini adalah setelah semua salah satu alasan utama untuk menggunakan PLC di tempat pertama.) Tapi dalam kasus ini dua relay murah menghilangkan kebutuhan untuk solusi yang jauh lebih mahal seperti PLC kinerja yang lebih tinggi atau servo atau drive motor langkah.

Sebuah catatan tentang 'instan' kontak dan output yang ditemukan di beberapa produk PLC: Beberapa pabrikan PLC (Allen Bradley adalah salah satu) menawarkan apa yang mereka sebut 'instan' input dan output. Spesifik ini I / O poin atau instan I / O perintah BYPASS input dan output tabel dalam upaya untuk memberikan perancang alat lain untuk memerangi masalah waktu pemindaian. Dalam kasus keluarga Allen Bradley SLC instan ini adalah petunjuk yang bekerja dengan diskrit I / O titik. Ketika pertemuan pemecah logika petunjuk ini ia melihat langsung pada input (tidak di nilai itu sebelumnya yang telah discan ke dalam tabel input) untuk mendapatkan nilai itu atau, dalam hal output, dia segera menulis bahwa output segera setelah tangga diselesaikan, daripada meletakkan hasil dalam tabel output yang akan dikirim keluar kemudian dengan semua output lain di akhir scan. Saya belum membahas penggunaan instan ini I / O petunjuk di sini karena sangat sedikit PLC menawarkan keluarga mereka, dan karena penggunaan yang efektif sangat tergantung pada bagaimana program anda diletakkan di luar dan apakah ada cabang di program ini. Pada dasarnya Anda dapat menggunakan petunjuk ini untuk mengalahkan waktu pemindaian masalah dengan mengulangi kritis anak tangga di beberapa tempat merata di seluruh program tangga Anda. Kemudian anak-anak tangga tersebut akan langsung dipecahkan beberapa kali selama setiap scan, dengan demikian secara efektif mengurangi waktu pemindaian hanya bagi anak-anak tangga. Hal ini penting untuk memastikan penempatan anak tangga adalah sedemikian rupa sehingga mereka dipecahkan sesering yang diperlukan untuk turun ke nilai waktu pemindaian dibutuhkan, dan bahwa hal ini terjadi untuk semua cabang yang mungkin berbeda situasi-situasi yang mungkin ada dalam program. Bahkan dengan menggunakan petunjuk ini Anda masih melihat 'latency kelimpungan' efek yang dihasilkan dari input berubah asynchronously sehubungan dengan siklus scan PLC - jumlah kelimpungan hanya akan menjadi kurang. Instan I / O instruksi juga memperlambat pelaksanaan seluruh program, kadang-kadang secara signifikan.

Control Logix Allen Bradley PLC dan lain-lain dari yang sejenisnya yang memungkinkan Anda untuk menetapkan sumber daya prosesor sesuai dengan persyaratan waktu pemindaian sangat serbaguna dalam bahwa Anda dapat menciptakan dua atau lebih program tangga dan menentukan seberapa sering masing-masing dipindai. Anda dapat menulis pesan singkat, sering scan program di mana hal ini perlu sementara 'bersamaan' menjalankan lagi, program lambat non-time-fungsi kritis. Tapi Control Logix tool pemrograman hardware dan kira-kira biaya 2x apa yang setara dengan bagian keluarga SLC biaya, dan 4x atau lebih yang sebanding dengan SLC bagian dari biaya produsen lain (hari ini, pada tahun 2002), sehingga akan benar-benar desainer miskin yang mengambil brute force Pendekatan menggunakan Control Logix hanya untuk memecahkan masalah waktu pemindaian ketika tidak ada kebutuhan lain untuk maju ini, produk yang lebih mahal.

- Menerapkan proporsional sederhana PLC controller dalam logika.

Kontroler proporsional digunakan di banyak aplikasi kontrol proses. Yang sangat umum digunakan adalah untuk mengendalikan proses pemanasan kapal. Pemanas umumnya berukuran maksimum untuk memenuhi beberapa waktu ke suhu spesifikasi. Jika pemanas cukup untuk memanaskan tangki dalam waktu yang wajar, maka akan ada kapasitas cadangan signifikan melampaui apa yang tersedia untuk menahan proses pada suhu setpoint. Sebuah kemungkinan konsekuensi dari ini adalah bahwa, jika on-off sederhana suhu kontroler digunakan untuk mengontrol proses ini, suhu akan melampaui yang setpoint Jika kita menunggu sampai suhu mencapai setpoint sebelum mematikan pemanas, cukup sisa-sisa panas akan tetap berada di pemanas menyebabkan suhu sebenarnya melebihi setpoint selama beberapa menit saja setelah Pemanas mematikan oleh suhu kontrol. Mencoba untuk mengantisipasi overshoot dan mematikan pemanas beberapa derajat sebelum setpoint tidak akan membantu, karena maka proses mungkin tidak pernah benar-benar mencapai setpoint. Dalam dunia logika relay, relatif murah proses PID kontroler sudah tersedia yang menerapkan algoritma kontrol sepenuhnya kompensasi yang mengukur dan mengantisipasi pemanasan dan pendinginan tingkat proses dan benar sendiri secara otomatis. PID adalah singkatan dari Proporsional / Integral / Derivatif, dan controller ini memiliki karakteristik respons merdu terpisah yang berasal sebuah output yang sebanding dengan perbedaan antara proses sebenarnya dan itu nilai setpoint. Output yang proporsional diubah sesuai dengan seberapa cepat nilai yang sebenarnya mendekati setpoint (istilah derivatif) dan juga oleh offset di setpoint stabil setelah titik kontrol telah ditetapkan (istilah integral). Beberapa merek yang lebih mahal PLC PID juga berisi petunjuk yang memungkinkan anda untuk mengatur kontrol PID untuk proses beberapa loop di dalam PLC. Tetapi instruksi PID tidak umum pada pertengahan atau akhir rendah PLC.

Berikut adalah cara untuk menerapkan kontrol proporsional dasar di PLC yang tidak memiliki PID yang dibangun di instruksi. Kami akan menganggap bahwa PLC mengendalikan pemanas untuk tangki besar cairan. Apa yang ingin kita lakukan adalah mengubah pemanas suhu di setiap kali lebih dari beberapa nilai yang telah ditentukan (yang akan kami sebut 'offset') lebih rendah dari setpoint. Saat suhu antara nilai offset dan setpoint, kita akan siklus pemanas dan mematikan, dengan siklus yang sebanding dengan perbedaan antara setpoint dan temperatur yang sebenarnya. Anda dapat mengatur nilai offset sesuai dengan kondisi proses tertentu untuk memberikan kompromi terbaik antara respon cepat dan minimum overshoot. Sebuah titik awal yang baik untuk nilai offset yang dapat diperoleh dengan menjalankan proses kontrol on-off (tempat pemanas tetap pada suhu sampai proses mencapai setpoint dan kemudian dimatikan). Perhatikan berapa banyak overshoot terjadi dan membuat nilai offset yang sama atau sedikit lebih besar daripada jumlah overshoot. Ada kompromi terlibat dalam memilih basis waktu untuk siklus adjustable output. Respon tercepat dan minimum penyimpangan dari setpoint akan diperoleh dengan siklus pendek (batas akhir dari ide ini adalah proporsional controller di mana sebuah fase dikontrol scr triac atau switch setiap setengah siklus tegangan AC pada pada tingkat yang sebanding dengan jumlah panas yang dibutuhkan). Di sisi lain, kecuali jika Anda menggunakan perangkat output keadaan padat untuk mengendalikan pemanas, bersepeda cepat akan mengakibatkan kegagalan prematur perangkat output. Untuk jenis besar, proses lambat pendekatan ini cocok untuk, suatu basis waktu setidaknya 10 detik dianjurkan. Sisa dasar selama satu menit akan umumnya bekerja sangat baik dengan tangki besar.

Jadi, di sini adalah apa yang kita program PLC yang akan dilakukan:

1) Hitunglah perbedaan antara aktual dan setpoint

2) Multiply perbedaan x 100

3) Bandingkan perbedaan x 100 dengan akumulator yang bebas menjalankan timer, jika perbedaan> meja, menyalakan output; jika
4) Reset timer berjalan bebas setiap 10 detik. (timer akumulator bertahap setiap 0,01 detik, sehingga selama siklus 10 detik output akan berada di 0-100,0 persen dari waktu tergantung pada sejauh mana suhu yang sebenarnya dari setpoint. proporsional kontrol akan terjadi dalam kisaran antara setpoint minus 10 derajat dan setpoint.

Photobucket


Beberapa memperingatkan:

1) Untuk aplikasi pemanasan, mengamati tindakan keselamatan. Sebuah aplikasi kontrol pemanas lengkap akan mencakup keamanan cadangan termostat dan independen disconnecting overtemperature sarana untuk mencegah kesalahan dalam kasus kerusakan pengendali utama.

2) proporsional sederhana ini hanya kontroler akan bekerja dengan baik dengan tank besar dan cukup stabil kondisi proses. Sebuah algoritma kontrol yang lebih rumit mungkin diperlukan jika massa termal rendah atau jika proses tunduk pada peristiwa-peristiwa yang berubah dengan cepat kondisi (seperti menambahkan atau menghapus sejumlah besar cairan dari tangki air panas).




11.18.2009

EARTH LEAKAGE CIRCUIT BREAKER (ELCB)

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 09:24:00 PM No comments

Gambar 1.
Trafo Distribusi Penurun Tegangan dari 20 000 volt menjadi 220/380 volt


Gambar 2.
Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan Sambungan Masuk Pelayanan (SMP)


Gambar 3.
Wiring diagram pengawatan APP & instalasi rumah 1 fasa dengan pembumian/ grounding



macam macam Panel Cubicle

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 09:14:00 PM No comments
Cubicle Metering

Cubicle IM Outgoing

Cubicle DM 1A OutGoing




Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 08:57:00 PM No comments
Photobucket

Sir Isaac Newton pertama kali disajikan tiga hukum gerak dalam "Principia Mathematica Philosophiae Naturalis" pada 1686. Hukum kedua mendefinisikan sebuah kekuatan yang harus sama dengan diferensial perubahan momentum per satuan waktu seperti yang dijelaskan oleh kalkulus matematika, yang Newton juga dikembangkan. Momentum didefinisikan sebagai massa suatu benda m kali kecepatannya ay Jadi persamaan diferensial untuk gaya F adalah:

F = d(m * v) / dt

Jika massa adalah konstan dan menggunakan definisi percepatan sebagai perubahan kecepatan terhadap waktu, hukum kedua tereduksi menjadi produk yang lebih akrab dari massa dan percepatan:

F = m * a

Karena percepatan adalah perubahan kecepatan terhadap perubahan dalam waktu t, kita juga dapat menulis persamaan ini dalam bentuk ketiga yang ditampilkan pada slide:

F = m * (v1 - v0) / (t1 - t0)

Fakta penting adalah bahwa gaya akan menyebabkan perubahan kecepatan dan juga, perubahan kecepatan akan menghasilkan suatu kekuatan. Persamaan bekerja dua arah. Kecepatan, gaya, percepatan, dan momentum memiliki kedua yang besar dan arah yang terkait dengan mereka. Ilmuwan dan matematikawan menyebut besaran vektor. Persamaan yang ditampilkan di sini sebenarnya persamaan vektor dan dapat diterapkan di masing-masing komponen arah.

Gerakan pesawat terbang yang dihasilkan dari kekuatan aerodinamis dan pesawat berat dan menyodorkan dapat dihitung dengan menggunakan hukum kedua gerak.


rindurinduketukmejerindu

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 08:12:00 PM No comments

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 08:03:00 PM No comments

Michael Faraday

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/18/2009 07:40:00 AM 2 comments

Penemu Kelistrikan yang Belajar Autodidak

Di dunia kelistrikan, memang banyak tokoh yang telah berpartisipasi. Sebut saja de Coulomb, Alesandro Volta, Hans C. Cersted, dan Andre Marie Ampere. Mereka ini dianggap "jago-jago" terbaik di bidang listrik. Namun, dari semua itu, orang tak boleh melupakan satu nama yang sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet. Dialah Michael Faraday, seorang ilmuwan asal Inggris.

Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newington Butts, Inggris. Orang tuanya tergolong keluarga miskin. Ayahnya hanya seorang tukang besi yang harus memberi makan sepuluh anaknya. Tak heran jika ayahnya tak mampu membiayai sekolah anak-anaknya tak terkecuali dengan Faraday. Untuk membantu ekonomi keluarga, pada usia 14 tahun Faraday bekerja sebagai penjilid buku sekaligus penjual buku. Di sela-sela pekerjaannya ia manfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku, terutama ilmu pengetahuan alam, fisika, dan kimia.

Ketika umurnya menginjak 20 tahun, dia mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan. Salah satunya adalah Sir Humphry Davy, seorang ahli kimia yang juga kepala laboratorium Royal Institution. Selama mengikuti ceramah, Faraday membuat catatan dengan teliti dan menyalinnya kembali dengan rapi apa yang didengarnya. Kemudian, berkas catatan itu ia kirimkan kepada Humphry Davy disertai lamaran kerja. Ternyata sang dosen tertarik dan mengangkat Faraday sebagai asistennya di Laboratorium Universitas terkenal di London. Saat itu dia berusia 21 tahun.

Di bawah bimbingan Davy, Faraday menunjukkan kemajuan pesat. Awalnya, ia hanya bekerja sebagai seorang pencuci botol. Tetapi, berkat kegigihannya dalam belajar, hanya dalam waktu relatif singkat, ia dapat membuat penemuan-penemuan baru atas hasil kreasinya sendiri, yaitu menemukan dua senyawa klorokarbon dan berhasil mencairkan gas klorin dan beberapa gas lainnya. Berkat kepandainnya pula, Faraday dapat berhubungan dengan para ahli ternama, seperti Andre Marie Ampere. Di samping itu, ia juga mendapat kesempatan berkeliling Eropa bersama Davy. Pada kesempatan itu, Faraday mulai membangun pengetahuannya yang praktis dan teoretis.
Davy memiliki pengaruh besar dalam pemikiran Faraday dan telah mengantarkan Faraday pada penemuan-penemuannya.

Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat beringsut jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Dari temuan ini, Faraday berkesimpulan, jika magnet diketatkan, yang bergerak justru kawatnya. Bekerja atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas di mana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.
Sesungguhnya, dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Betapa pun primitifnya, penemuan Faraday ini merupakan "nenek moyang" dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini. Sejak penemuannya yang pertama pada tahun 1821, Michael Faraday si ilmuwan autodidak ini namanya mulai terkenal. Hasil penemuannya dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

Hukum Faraday
Dalam percobaan-percobaan yang dilakukannya pada tahun 1831, ia menemukan bahwa bila magnet dilalui sepotong kawat, arus akan mengalir di kawat, sedangkan magnet bergerak. Keadaan ini disebut "pengaruh elektromagnetik" dan penemuan ini disebut "Hukum Faraday". Penemuan ini dianggap sebagai penemuan monumental.

Mengapa? Pertama, "Hukum Faraday" memiliki arti penting dalam hubungan dengan pengertian teoretis kita tentang elektromagnetik. Kedua, elektromagnetik dapat dipergunakan sebagai penggerak secara terus-menerus arus aliran listrik seperti yang digunakan oleh Faraday dalam pembuatan dinamo listrik pertama.
Dengan berbagai temuannya, tak berlebihan jika Faraday termasuk salah satu tokoh yang telah memberi sumbangan terbesar pada umat manusia. Ia seorang yang sederhana, seorang penemu yang mulai belajar secara autodidak. Kesederhanaannya ia tunjukkan ketika dia menolak diberi gelar kebangsawanan dan juga menolak jadi ketua British Royal Society. Karena masalah kesehatan, Michael Faraday berhenti meneliti. Tetapi, ia meneruskan pekerjaannya sebagai dosen sampai 1861. Ia meninggal dunia pada tanggal 25 Agustus 1867 dan dimakamkan di dekat kota London, Inggris.
Sang Penemu Garis Gaya Magnet

SAAT ini, dinamo motor merupakan komponen penting pada kebanyakan alat-alat listrik sebagai mesin penggerak. Bahkan anak kecil pun sudah mengenal dinamo untuk mainan tamiya mereka. Dinamo merupakan salah satu hasil kreativitas Sang Penemu Sejati,

Michael Faraday
Michael Faraday adalah seorang ahli dalam bidang kimia dan fisika. Dia lahir pada tanggal 22 September 1791 dan wafat pada tanggal 25 Agustus 1867. Dia dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet, bahkan banyak dari para ilmuwan yang mengatakan bahwa beliau adalah seorang peneliti terhebat sepanjang masa. Beberapa konsep yang beliau turunkan secara langsung dari percobaan, seperti garis gaya magnet telah menjadi gagasan dalam fisika modern.

Faraday lahir di sebuah keluarga miskin di Newington, Surrey dekat London. Faraday muda termasuk anak yang kritis namun ia hanya mengenyam sedikit pendidikan dibandingkan sekolah dasar. Walaupun demikian, itu tidak membuat dirinya minder dan berputus asa untuk terus belajar. Pada saat umurnya 14 tahun, ia magang di sebuah usaha penjilidan buku. Di sinilah ia mulai tertarik dengan ilmu fisika dan kimia. Setelah mendengar kuliah seorang dosen kimia terkenal saat itu, Humphry Davy, ia mengirimkan catatan kuliahnya kepada sang dosen. Ternyata sang dosen tertarik dan mengangkat Faraday sebagai asistennya di Laboratorium Universitas terkenal di London ,saat itu dia berusia 21 tahun.
Pada tahun pertama kerja di laboratorium, Faraday menemukan dua senyawa klorokarbon dan berhasil mencairkan gas klorin dan beberapa gas lainnya. Kemudian berhasil memisahkan senyawa benzena pada tahun 1825 di mana ia diangkat sebagai ketua laboratorium.

Pada tahun 1807, Davy yang memiliki pengaruh besar dalam pemikiran Faraday telah meramalkan bahwa logam natrium dan kalium dapat diendapkan dari senyawanya dengan bantuan arus listrik, suatu proses yang dikenal sebagai elektrolisis. Faraday dengan penuh semangat berusaha keras untuk membuktikan ramalan dosennya tersebut dan pada tahun 1834 hal tersebut menjadi kenyataan maka munculah satu hukum baru tentang listrik, yang dikenal dengan Hukum Faraday.
Penelitian Faraday di bidang listrik dan elektrolisis dipandu oleh kepercayaannya bahwa listrik merupakan salah satu dari kekuatan alam yang lain seperti panas, cahaya, magnet dan kecenderungan kimia. Walaupun idenya tersebut keliru, tapi hal ini membuat ia masuk ke dalam dunia elektromagnetik.
Pada tahun 1785, Charles Coulomb merupakan orang pertama yang menunjukkan prilaku bahwa muatan listrik saling tolak satu sama lain dan hal itu berakhir sampai tahun 1820, Hans Christian Oersted dan Andre Marie Ampere menemukan bahwa arus listrik menghasilkan medan magnet. Hal itu mengubah pemikiran Faraday tentang kekekalan energi dan membuat ia menjadi yakin bahwa medan magnet dapat menghasilkan arus listrik. Ia pun berhasil membuktikannya pada tahun 1831 dan menjadi ide pembuatan dinamo atau generator di mana listrik yang dihasilkan berasal dari mekanik.

Pemikiran dan satu percobaan fenomena elektromagnetik yang ditunjukkan Faraday mengenai konsep garis gaya dibantah oleh sebagian besar ahli fisika matematik Eropa, mereka menganggap bahwa muatan listrik saling tarik dan tolak satu sama lain dipengaruhi oleh jarak dan membuat garis gaya menjadi tidak penting. Akan tetapi seorang ahli fisika terkenal pada saat itu, James Clerk Maxwell menerima pemikiran Faraday dan mengubahnya ke bentuk persamaan matematik dan menjadi tonggak lahirnya teori medan modern.

Hasil kreativitas Faraday yang lain (1845) adalah tentang intensitas medan magnet yang dapat memutarkan bidang cahaya terpolarisasi dan sekarang dikenal dengan efek Faraday. Fenomena ini telah digunakan untuk menentukan struktur molekul dan memberikan informasi tentang medan magnet galaksi.
Faraday menggambarkan banyak penelitiannya tentang listrik dan elektromagnet dalam tiga volum berjudul Experimental Researches in Electricity (1839, 1844, dan 1855), Catatan penelitiannya dibuat tarikh dalam Experimental Researches in Chemistry and Physics (1858). Pada tahun 1855, Faraday berhenti meneliti karena masalah kesehatan tapi ia meneruskan pekerjaannya sebagai dosen sampai 1861. Pada tanggal 25 Agustus 1867, Faraday sang penemu tutup usia dengan meninggalkan semua hasil karyanya, namun seluruh jasanya baik berupa produk maupun pemikiran akan selalu dikenang oleh dunia serta menjadikannya sebagai sang penemu sejati.

Ringkasan Hidup dan Karya Faraday
1. 22 Sept 1791 Michael Faraday dilahirkan di daerah dekat London, Inggris.
2. 27 Okt 1813 Bersama Humphrey Davy menyelidiki teorinya tentang aktivitas vulkanik.
3. 1821 Menggambarkan prinsip dinamo.
4. 1821 Menemukan motor listrik pertama.
5. 1821 Meneliti medan magnet di sekeliling konduktor.
6. 1823 Mencairkan gas klorin.
7. 1831 Menemukan induksi elektromagnetik.
8. 1831 Meneliti tentang magnet bergerak menyebabkan arus listrik.
9. 1831 Menemukan garis gaya magnet.
10. 1831 Menemukan dinamo listrik.
11. 1831 Menemukan transformer listrik.
12. 1831 Membuat hukum tentang induksi.
13. 1832 Menjelaskan hukum tentang elektrolisis dan mengambil istilah "ion" untuk partikel yang diyakini bertanggung jawab dalam membawa arus.
14. 1833 Mengembangkan hukumnya dalam bidang elektrolisis.
15. 1845 Meneliti rotasi cahaya terpolarisasi oleh medan magnet.
16. 1845 Menemukan bahwa perambatan cahaya pada materia dapat dipengaruhi oleh medan magnet eksternal.
17. 1850 Memperbaiki penelitiannya yang gagal untuk mencari hubungan antara gravitasi dan medan elektromagnetik.
18. 25 Agust 1867 Ia meninggal di Inggris sebagai ahli kimia dan fisika yang berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan.

“Penemuan Faraday pertama yang penting di bidang listrik terjadi tahun 1821. Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnit kompas biasa dapat beringsut jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tidak berjauhan. Ini membikin Faraday berkesimpulan, jika magnit diketatkan, yang bergerak justru kawatnya. Bekerja atas dasar dugaan ini, dia berhasil membuat suatu skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnit sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat. Sesungguhnya dalam hal ini Faraday sudah menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Betapapun primitifnya, penemuan Faraday ini merupakan "nenek moyang" dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini”.






http://dunia-listrik.blogspot.com/2008/09/michael-faraday-1791-1867_10.html




11.16.2009

Terimakasih Jarum Black

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/16/2009 10:03:00 AM 1 comment

Pagi yang indah......sambil mengunjungin weblog teman teman, Follow, ngeteh, pisang goreng, tarikan ringan dari jarum balck......ehhhmm terimakasih teman teman sudah link dan koment di weblog aku....eehhmmm untung adajarum balck yang menemani....teman teman kasih koment dong di postingan aku,

Senang bisa berkenalan dengan teman teman semua, weblog aku ini aku buat untuk catatan aku di setiap kerjaan aku dan catatan ringan tentang kehidupan ini. Oh ya teman teman
aku mengikuti kompetisi Djarum Black Blog Competition Vol.2 terimakasih untuk jarum balck. jarum balck memang hebat rokok dengan innovasi terbaru........