1.01.2011

Star-delta Reduced Voltage Pemula

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 11:13:00 AM No comments
MBC3-D Star-delta Reduced Voltage Pemula

Photobucket


Aplikasi:
MBC3-seri D mengurangi tegangan bintang-delta starter sangat cocok untuk memulai motor di sirkuit AC 50/60Hz, tegangan sampai 660V dan arus hingga 95A. Hal ini dilengkapi dengan timer untuk changeover otomatis bintang-delta untuk mengurangi tegangan dan arus motor mulai.

Spesifikasi:

Jenis Rated operasional saat ini (A) 3-phase kapasitas (kw)
AC3 Loaded
AC3 220V 380V 415V 440V
MBC3-D093 9 4 7.5 7.5 7.5
MBC3-D123 12 5.5 11 11 11
MBC3-D183 18 11 18.5 22 22
MBC3-D253 25 11 22 22 22
MBC3-D323 32 15 25 30 30
MBC3-D403 40 18.5 37 37 37
MBC3-D503 50 30 55 59 59
MBC3-D653 65 32 55 59 59
MBC3-D803 80 37 75 75 75
MBC3-D953 95 45 80 80 80


Photobucket












ELEKTRONIK MOTOR STARTER DAN DRIVE DF51, DV51 menghubungkan contoh

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:59:00 AM No comments
DF5-340-... frekuensi inverter dengan koneksi EMC-konforman

Aktuasi

Contoh 2
Setpoint masuk melalui potensiometer R11 ( f s ) dan frekuensi tetap ( f 1 , f 2 , f 3 ) melalui terminal 3 dan 4 dengan tegangan pengendalian internal
Aktifkan (START / STOP) dan arah putaran seleksi melalui terminal 1
Darurat-Stop sirkuit
S1: OFF
S2: ON
Q11: kontaktor Utama
R1: Main tersedak
K1: RFI filter
Q1: Line perlindungan
PES: layar Kabel sambungan PE
M1: 400 V 3-phase motor
FWD: Searah jarum jam berputar lapangan memungkinkan, referensi frekuensi f S
FF1: Tetap frekuensi f 1
FF2: Tetap frekuensi f 2
FF1 + FF2: Tetap frekuensi f 3

Photobucket

Pemasangan kawat

Photobucket


ELEKTRONIK MOTOR STARTER DAN DRIVE Frekuensi inverter DF, DV

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:51:00 AM No comments
Fitur DF frekuensi inverter

  • Jauh variabel kontrol kecepatan melalui tegangan / kontrol frekuensi ( U / f )
  • Tinggi awal dan torsi percepatan
  • Konstan torsi dalam rentang nilai motor
  • EMC tindakan (opsional: filter gangguan radio, kabel motor disaring)
Tambahan fitur kontrol vektor tanpa sensor untuk frekuensi inverter DV51 dan DV6
  • Torsi jauh variabel kontrol, juga di nol kecepatan
  • Rendah torsi kontrol waktu
  • Peningkatan konsentrisitet dan kekonstanan kecepatan
  • Internal rem helikopter
  • Speed kontrol (pilihan untuk DV6: modul kontrol, generator pulsa)
Umum

DF dan inverter frekuensi DV adalah pabrik-diatur untuk rating motor ditetapkan, memungkinkan drive harus dimulai segera setelah instalasi.
Pengaturan individu dapat dilakukan dengan tombol opsional. Berbagai mode kontrol dapat dipilih dan dikonfigurasi dalam jumlah lapisan.
Untuk aplikasi dengan tekanan dan kontrol aliran, semua perangkat berisi built-in controller PID yang dapat disesuaikan dengan sistem apapun.
Sebuah keuntungan lebih lanjut dari inverter frekuensi adalah bahwa mereka menghilangkan kebutuhan untuk komponen eksternal untuk pengawasan dan perlindungan motor. Di sisi listrik, hanya sekring atau pemutus sirkuit-(PHKZ) diperlukan untuk line dan perlindungan hubungan arus pendek. masukan The inverter frekuensi dan output dimonitor secara internal oleh sirkuit pengukuran dan kontrol, seperti overtemperature, gangguan bumi, pendek-sirkuit, motor overload, penyumbatan motor dan pemantauan sabuk penggerak. Suhu pengukuran dalam belitan motor juga dapat dimasukkan dalam rangkaian kontrol inverter frekuensi melalui input thermistor.

Photobucket

  1. DV51 vektor frekuensi inverter
  2. DEX-L2 ... EMC filter
  3. DF51 frekuensi inverter
  4. DF6 frekuensi inverter
  5. DEX-BR1 ... pengereman resistor
  6. DEX-LN ... listrik tercekik, DEX-LM ... motor tercekik, SFB ... sinusoidal filter
  7. DEX-CBL-... koneksi kabel
  8. Keypads DEX-KUNCI-...
Blok diagram, DF51, DV51

Photobucket

BR * Hanya DV51

6 * Hanya DV51

5 * Input RST untuk DF51

Blok diagram DF6

Photobucket

BR *, DF6-320-11K DF6-340-11K dan DF6-340-15K hanya

ELEKTRONIK MOTOR STARTER DAN DRIVE Koneksi contoh, DM4

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:42:00 AM No comments
ELEKTRONIK MOTOR STARTER DAN DRIVE
Koneksi contoh, DM4
Mulai beberapa motor secara berurutan dengan (kontrol cascade) soft starter

Ketika mulai beberapa motor satu demi satu dengan menggunakan starter lembut, tetap dengan urutan berikut ketika perubahan atas:
  • Mulai menggunakan soft starter
  • Mengaktifkan kontaktor bypass
  • Blok lembut starter
  • Switch starter output lembut untuk motor berikutnya
  • Restart
→ Bagian Pengendalian bagian bagian 1
Darurat-Stop
S1: Q11 Off
S2: Q11 Pada
  1. Soft start / stop soft
  2. RUN
  3. Off-time monitoring
  4. Mengatur waktu K1T relay sehingga starter lunak tidak termal kelebihan beban: menghitung waktu dari frekuensi operasi diperbolehkan lembut starter atau pilih lembut starter yang memungkinkan waktu yang dibutuhkan untuk dicapai.
  5. Changeover pemantauan
  6. Mengatur relay waktu ke waktu pengembalian sekitar 2 s. Hal ini memastikan bahwa cabang motor berikutnya tidak dapat tersambung sepanjang starter lunak sedang berjalan.
→ Bagian Pengendalian bagian bagian 2
  1. Motor 1
  2. Motor 2
  3. Motor n
  4. Mematikan motor individu
Hasil menghidupkan dan mematikan di semua motor yang dimatikan pada waktu yang sama. Untuk menonaktifkan motor individu, Anda harus menggunakan N / kontak C4.
Amati beban termal pada starter lunak (mulai frekuensi, arus beban). Jika motor harus dimulai pada interval pendek, Anda mungkin harus memilih starter lembut dengan siklus beban yang lebih tinggi.

Riam

Photobucket

Pengendalian bagian bagian 1
Photobucket

→ Bagian Mulai beberapa motor secara berurutan dengan a) kontrol lunak (starter cascaded
Pengendalian bagian bagian 2

Photobucket

→ Bagian Mulai beberapa motor secara berurutan dengan a) kontrol lunak (starter cascaded


Elektronik motor starter dan drive

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:32:00 AM No comments
Elektronik motor starter dan drive
Koneksi contoh, DM4

Delta koneksi

Sambungan delta memungkinkan penggunaan starter yang lembut dengan peringkat lebih rendah dari motor ini digunakan untuk mengontrol. Dihubungkan secara seri dengan motor setiap berkelok-kelok, arus kebutuhan starter lunak untuk pasokan berkurang dengan faktor √ 3. tata letak ini memiliki kelemahan bahwa kabel motor enam pasokan diperlukan. Selain itu tidak ada pembatasan. Semua fungsi starter lunak tetap tersedia.

Untuk ini, Anda harus menghubungkan motor di delta dan tegangan dalam metode sambungan harus sesuai dengan tegangan listrik. Untuk tegangan listrik 400 V motor karena itu harus ditandai dengan 400 V/690 V.
Bagian Pengendalian

Photobucket
Darurat-Stop
S1: Off
S2: Pada

  1. Memungkinkan
  2. Soft start / stop Soft
E2: Aktifkan
T1: + termistor
T2:-termistor

DM4-340 Delta
Photobucket

  1. Kontrol tegangan melalui Q1 atau F1, atau melalui Q2
  2. Lihat Kontrol bagian
  3. Motor saat ini indikasi




Elektronik motor starter dan drive
Koneksi contoh, DS4

Reversing sambungan sirkuit standar, rotasi bidirectional

Catatan:
Perangkat seri M DS4-...- (X) R memiliki fungsi kontaktor built-elektronik di membalikkan. Anda hanya perlu menentukan arah yang diinginkan rotasi. DS4 kemudian internal memastikan urutan kontrol yang benar.

Pada peringkat lebih dari 22 kW, tata letak sirkuit konvensional membalikkan harus digunakan, karena di atas ini rating DS4 tidak tersedia dengan built-in membalikkan fungsi kontaktor. Dalam hal ini pastikan bahwa pembalikan arah terjadi hanya dengan DS4 di negara berhenti. Gunakan controller eksternal untuk melaksanakan fungsi ini. Dalam operasi starter lembut, Anda dapat menggunakan relay TOR untuk mengendalikan relay off-tertunda untuk tujuan ini, dimana perlambatan waktu harus t-Stop + 150 ms atau lebih tinggi.
Minimal koneksi DS4-340-M (X) R


Photobucket


Koneksi membalikkan starter lembut tanpa listrik kontaktor
Photobucket






Motor induksi 3-fasa

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:11:00 AM No comments
Motor induksi 3-fasa lebih dari 100 tahun dan jelas-jelas banyak perubahan desain dan variasi telah muncul selama bertahun-tahun. Namun karakteristik dasar tertentu tetap sama dan itu adalah masalah yang melekat fitur ini menyebabkan yang lembut mulai elektronik bertujuan untuk memecahkan.

1. Direct-On-Line

Reduced Voltage Starting:

2. Star/Delta

3. Auto Transformer

4. Soft Starts


1. Direct-On-Line

Metode utama dari mulai motor AC langsung-on-line mulai. Ini berarti saklar elektro-mekanis dibuka dan ditutup untuk menghentikan dan mulai motor.

DOL Starting
Photobucket

DOL Motor Start Characteristics
Photobucket

Kekurangan

Listrik

  1. Tinggi lonjakan arus (biasanya 6 x beban penuh yang dapat menyebabkan beberapa masalah)
  2. Kebutuhan atas ukuran instalasi (sangat penting pada generator dan perlengkapan makan UPS)
  3. Batas Ekspansi
  4. Mengurangi pelayanan kehidupan komponen listrik
Mekanis

  1. Berlebihan mulai berlaku sejak torsi (biasanya 2,5 x beban penuh)
  2. Meningkatkan keausan pada komponen rantai drive
  3. Mengurangi pelayanan kehidupan komponen mekanik kembali ke atas

2. Star / Delta

Metode ini membutuhkan baik sambungan untuk setiap tahap (enam dalam semua) untuk dibawa ke starter. Tiga kontaktor digunakan untuk pertama menghubungkan motor dalam bintang dan kemudian ke delta setelah waktu tertentu. Menghubungkan motor di bintang mengurangi tegangan yang diberikan ke masing-masing lilitan menjadi sekitar 60% dari tegangan line. Hal ini akan mengurangi torsi awal dan saat ini (biasanya 3,5 x FLC). Setelah waktu tertentu motor diaktifkan untuk sambungan delta dan kemudian berjalan seolah-olah langsung on-line. keunggulan utamanya adalah bahwa itu adalah relatif sederhana dan biaya rendah. Masalah utama dengan metode ini adalah bahwa tingkat tegangan berkurang adalah dalam satu panggung dan adalah tetap. kadang-kadang tegangan ini tidak ideal, torsi menghasilkan (65% dari torsi beban penuh) mungkin terlalu kecil dan motor warung atau tidak memberikan percepatan lengkap, atau jika terlalu besar motor masih dimulai dengan merebut diucapkan. Bintang / transisi delta akan menghasilkan arus dan torsi puncak kedua yang hampir setara dengan memiliki dua direct-on-line dimulai. Pada beberapa beban motor kadang-kadang hampir warung selama masa transisi. Metode ini mulai tidak namun memiliki keuntungan menjadi biaya rendah dan solusi sederhana jika keterbatasan yang dapat ditoleransi.

Star/Delta Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Biaya rendah dan sederhana
Kekurangan

  1. Torsi terlalu tinggi - menyebabkan merebut
  2. Torsi terlalu rendah - kios motor
  3. Transisi puncak sampai 20 x Dalam
  4. Motor dapat kios dalam transisi


3. Auto Transformer

Metode ini menggunakan tindakan trafo untuk menurunkan tegangan diterapkan pada motor dan saat dilihat oleh pasokan. Sebuah torsi ditingkatkan / rasio amp dicapai dan mulai saat ini biasanya 3 x FLC, tergantung pada tegangan di rap yang dipilih. Biasanya tegangan diterapkan ke motor dalam langkah-langkah tegangan melalui transformator dengan keran yang dipilih melalui kontaktor. tappings khas adalah 50%, 70%, diikuti dengan tegangan penuh diterapkan pada motor. Kelemahan utama adalah ukuran dan biaya, dan tentu saja mekanik merebut di aktifkan tidak terkendali dan masih bisa menimbulkan masalah. Juga setelah tappings telah dipilih, mungkin perlu mengubah mereka sesuai dengan perubahan parameter beban.

Auto Transformer Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Operasi sederhana
Kekurangan

  1. Miskin pengendalian
  2. Tebal
  3. Sangat Mahal

4. Soft Mulai

Awal lunak ini dirancang untuk menerapkan tegangan disesuaikan dengan motor dan menaikkan tegangan ini secara bertahap selama periode akselerasi dapat dipilih oleh pengguna. Waktu percepatan yang tergantung pada aplikasi dan karakteristik yang diinginkan. Keuntungan tambahan dari metode ini pengendalian tegangan berkurang adalah bahwa motor juga dapat dihentikan secara bertahap dengan perlahan-lahan mengurangi tegangan output ke penawaran. fitur 'Soft Stop' berhenti mulus di industri banyak proses seperti pompa, dimana berhenti cepat dapat mengakibatkan dalam 'air palu' dan kerusakan mekanis.

Soft Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Mengurangi arus start
  2. Mengurangi mulai torsi
  3. Kurang stres mekanis
  4. Peningkatan kontrol percepatan dan perlambatan