Blogroll

website hit counter
website hit counters

website traffic stats

12.03.2009

Soft Start dan Inverter


Dengan adanya inverter Altivar, putaran motor induksi dapat diatur dalam jangkauan yang lebar. Banyak aplikasi yang bukan saja membutuhkan jangkauan putaran yang lebar tetapi juga kestabilan putarannya terhadap nilai acuan yang diinginkan. Untuk menjawab kebutuhan ini, maka harus dipasang suatu sitem pengendalian.

Motor induksi terdiri dari dua bagian utama, yaitu stator dan rotor. Stator adalah bagian yang tidak bergerak, terdiri dari lapisan-lapisan besi dengan alur-alur berisi kumparan-kumparan. Kumparan-kumparan ini dihubungkan dengan sumber daya 3 phasa, sehingga didapatkan sebuah medan magnet putar. Kecepatan medan magnet putar tergantung pada

jumlah kutub stator dan frekuensi sumber dayanya. Kecepatan ini disebut kecepatan sinkron, yang ditentukan dengan rumus:


Ns = 120 f
P


dengan Ns adalah kecepatan sinkron (rpm), f adalah frekuensi sumber daya (Hz), dan P adalah jumlah kutub stator.

Inverter merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk mengkonversikan sumber daya 3 phasa menjadi tegangan DC yang kemudian dikonversikan lagi menjadi sumber daya 3 phasa dengan frekuensi yang sesuai. Cara ini bisa dipakai karena diketahui bahwa kecepatan sinkron motor induksi berbanding lurus dengan frekuensi sumber dayanya.

Sumber daya dari PLN mempunyai frekuensi yang konstan, yaitu 50 Hz. Salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan tegangan dengan frekuensi yang bisa diatur yaitu dengan jalan membangkitkannya sendiri. Untuk itu diperlukan suatu sumber daya DC. Sumber daya ini diperoleh dari sumber daya PLN yang disearahkan dengan rectifier. Selanjutnya sumber daya ini ditapis dengan filter DC untuk mendapatkan sumber daya DC yang lebih rata. Kemudian dengan melalui suatu rangkaian switch (disebut sebagai jembatan inverter) yang bias dikendalikan sedemikian rupa, sumber daya itu bias diubah menjadi sumber daya 3 phasa pada ujung beban. Dengan cara mengontrol waktu pensaklaran dari switch-switch tersebut dengan menggunakan sinyal PWM (Pulse Width Modulation).

Dengan menggunakan inverter, maka akan banyak diperoleh keuntungan secara teknis bila dibandingkan dengan cara lain. Beberapa keuntungan tersebut antara lain: mempunyai jangkauan kecepatan yang lebih lebar, mempunyai beberapa pola untuk hubungan tegangan dan frekuensi, mempunyai fasilitas penunjukan meter, mempunyai lereng akselerasi dan deselerasi yang dapat diatur secara independen, kompak, serta sistem lebih aman.


Soft Starter Altistart dan Variable Speed Drive Altivar menawarkan pada Anda sesuatu yang lebih sederhana, ringkas, terbuka dan fleksibel :
q Versi siap dipakai
q Menggunakan software PowerSuite,
q Banyak pilihan untuk jaringan komunikasi.
banyak terdapat evolusi dan fitur-fitur baru untuk meningkatkan kapasitas produksi Anda.

Power Suite :
sebuah software yang unik untuk semua Altistart dan Altivar
Menyesuaikan pengaturan se-minimal mungkin!
q Menyederhanakan definisi dari parameter,
q Menyiapkan dan mencetak konfigurasi,
q Perbandingan dokumen,
q Reproduksi cepat untuk aplikasi-aplikasi sejenis,
q Remote Monitoring.






Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Lencana