1.01.2011

Motor induksi 3-fasa

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 1/01/2011 10:11:00 AM No comments
Motor induksi 3-fasa lebih dari 100 tahun dan jelas-jelas banyak perubahan desain dan variasi telah muncul selama bertahun-tahun. Namun karakteristik dasar tertentu tetap sama dan itu adalah masalah yang melekat fitur ini menyebabkan yang lembut mulai elektronik bertujuan untuk memecahkan.

1. Direct-On-Line

Reduced Voltage Starting:

2. Star/Delta

3. Auto Transformer

4. Soft Starts


1. Direct-On-Line

Metode utama dari mulai motor AC langsung-on-line mulai. Ini berarti saklar elektro-mekanis dibuka dan ditutup untuk menghentikan dan mulai motor.

DOL Starting
Photobucket

DOL Motor Start Characteristics
Photobucket

Kekurangan

Listrik

  1. Tinggi lonjakan arus (biasanya 6 x beban penuh yang dapat menyebabkan beberapa masalah)
  2. Kebutuhan atas ukuran instalasi (sangat penting pada generator dan perlengkapan makan UPS)
  3. Batas Ekspansi
  4. Mengurangi pelayanan kehidupan komponen listrik
Mekanis

  1. Berlebihan mulai berlaku sejak torsi (biasanya 2,5 x beban penuh)
  2. Meningkatkan keausan pada komponen rantai drive
  3. Mengurangi pelayanan kehidupan komponen mekanik kembali ke atas

2. Star / Delta

Metode ini membutuhkan baik sambungan untuk setiap tahap (enam dalam semua) untuk dibawa ke starter. Tiga kontaktor digunakan untuk pertama menghubungkan motor dalam bintang dan kemudian ke delta setelah waktu tertentu. Menghubungkan motor di bintang mengurangi tegangan yang diberikan ke masing-masing lilitan menjadi sekitar 60% dari tegangan line. Hal ini akan mengurangi torsi awal dan saat ini (biasanya 3,5 x FLC). Setelah waktu tertentu motor diaktifkan untuk sambungan delta dan kemudian berjalan seolah-olah langsung on-line. keunggulan utamanya adalah bahwa itu adalah relatif sederhana dan biaya rendah. Masalah utama dengan metode ini adalah bahwa tingkat tegangan berkurang adalah dalam satu panggung dan adalah tetap. kadang-kadang tegangan ini tidak ideal, torsi menghasilkan (65% dari torsi beban penuh) mungkin terlalu kecil dan motor warung atau tidak memberikan percepatan lengkap, atau jika terlalu besar motor masih dimulai dengan merebut diucapkan. Bintang / transisi delta akan menghasilkan arus dan torsi puncak kedua yang hampir setara dengan memiliki dua direct-on-line dimulai. Pada beberapa beban motor kadang-kadang hampir warung selama masa transisi. Metode ini mulai tidak namun memiliki keuntungan menjadi biaya rendah dan solusi sederhana jika keterbatasan yang dapat ditoleransi.

Star/Delta Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Biaya rendah dan sederhana
Kekurangan

  1. Torsi terlalu tinggi - menyebabkan merebut
  2. Torsi terlalu rendah - kios motor
  3. Transisi puncak sampai 20 x Dalam
  4. Motor dapat kios dalam transisi


3. Auto Transformer

Metode ini menggunakan tindakan trafo untuk menurunkan tegangan diterapkan pada motor dan saat dilihat oleh pasokan. Sebuah torsi ditingkatkan / rasio amp dicapai dan mulai saat ini biasanya 3 x FLC, tergantung pada tegangan di rap yang dipilih. Biasanya tegangan diterapkan ke motor dalam langkah-langkah tegangan melalui transformator dengan keran yang dipilih melalui kontaktor. tappings khas adalah 50%, 70%, diikuti dengan tegangan penuh diterapkan pada motor. Kelemahan utama adalah ukuran dan biaya, dan tentu saja mekanik merebut di aktifkan tidak terkendali dan masih bisa menimbulkan masalah. Juga setelah tappings telah dipilih, mungkin perlu mengubah mereka sesuai dengan perubahan parameter beban.

Auto Transformer Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Operasi sederhana
Kekurangan

  1. Miskin pengendalian
  2. Tebal
  3. Sangat Mahal

4. Soft Mulai

Awal lunak ini dirancang untuk menerapkan tegangan disesuaikan dengan motor dan menaikkan tegangan ini secara bertahap selama periode akselerasi dapat dipilih oleh pengguna. Waktu percepatan yang tergantung pada aplikasi dan karakteristik yang diinginkan. Keuntungan tambahan dari metode ini pengendalian tegangan berkurang adalah bahwa motor juga dapat dihentikan secara bertahap dengan perlahan-lahan mengurangi tegangan output ke penawaran. fitur 'Soft Stop' berhenti mulus di industri banyak proses seperti pompa, dimana berhenti cepat dapat mengakibatkan dalam 'air palu' dan kerusakan mekanis.

Soft Starter
Photobucket

Keuntungan

  1. Mengurangi arus start
  2. Mengurangi mulai torsi
  3. Kurang stres mekanis
  4. Peningkatan kontrol percepatan dan perlambatan


Reactions:

0 comments:

Post a Comment