6.01.2008

Greenpeace: PS3, Wii, dan XBox Mengandung Racun

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 6/01/2008 10:08:00 AM No comments
Tiga mesin video game paling populer saat ini mengandung bahan beracun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Pernyataan keras yang dikeluarkan Greenpeace itu mendesak produsen perangkat-perangkat tersebut untuk meninggalkan bahan kimia yang tidak ramah lingkungan dan manusia.

Hasil tes yang dilakukan Greenpeace menunjukkan bahwa Sony Play Station 3, Nintendo Wii, maupun Microsoft XBox 360 masih mengandung polivinil klorida, phtalate, beryllium, dan bromine. Zat-zat kimia tersebut dapat menyebabkan gangguna otak dan mengganggu pertumbuhan organ seksual.

Greenpeace menyatakan tidak ada alasan bagi para produsen untuk tetap menggunakan bahan-bahan tersebut. Sebab, sudah ada standar teknologi agar produsen dapat mendesain produk tanpa bahan berbahaya dan membuat konsol game yang bersih.

Namun, ketiga perusahaan yang mendapat kritik tajam Greenpeace menolak tuduhan tersebut. Sony, Nintendo, dan Microsoft tetap bersikukuh bahwa produknya masih memenuhi standar industri.

"Selain memenuhi standar tersebut, Sony juga memiliki konsisitensi secara global untuk mengelola zat-zat kimia yang dipakai dalam suku cadang dan material," demikian tanggapan Sony Computer Entertanment Inc.

Jurubicara Nintendo mengatakan pihaknya tidak bisa mengomentari hasil tes Greenpeace. Nintendo hanya menyatakan bahwa produk yang dijual ke pasaran telah memenuhi standar industri yang ditetapkan di setiap negara.

Sementara Microsoft menyatakan bahwa pihaknya sudah mengikuti panduan dan regulasi yang telah ditetapkan untuk terus menurunkan penggunaan zat-zat berbahaya pada produk-produk elektronik.

Penggunaan zat kimia pada konsol game pantas mendapat perhatian tinggi. Sebab, industri video game tengah tumbuh pesat dan menjadi bisnis miliaran dollar AS. Artinya, jumlah perangkat atau konsol video game yang tersebar juga semakain banyak.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment