5.16.2009

Kisah Seorang Istri Yang Suaminya Terkena Serangan Jantung...

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 5/16/2009 07:43:00 PM No comments
Ini Ada cerIita/kisah nyata (PENGALAMAN PRIBADI) yang mungkin akan
Menjadi hikmah Dan pelajaran bagi Kita semua. ?

Tanggal29 April 2006 : malam kira jam 21.00 setelah makan malam..
Suamiku merasa tidak enak badan.. Masuk angin di sekitar perut Dan
Punggung.. Seperti terasa ditusuk2.... Rahang terasa agak kaku, mulut
Agak asam ... Minta dibikinkan air jahe hangat.. Minum lalu tidur.

Tanggal 30 April:
Bangun tidur... Pagi sholat subuh Dan bilang badannya udah enakan mau
Ke kantor,,,
Malam Hari di jam yang sama seperti sebelumnya merasakan hal yang
Sama kembali seperti malam sebelumnya,, dibikinkan jahe hangat
Kembali Dan dipaksa tidur.. Tengah malam sekitar pukul 01...00 dinihari
Keluar keringat banyak dibadan yang Ada dibenak saya Dan suami
Mungkin angin sudah keluar,, makanya badan enakan.

Tanggal 1 Mei 2006

(PERISTIWA PENTING DALAM KEHIDUPAN KELUARGA KAMI)

Pagi. Rutinitas seperti biasa, ke kantor masih telp siang Hari..
Seperti biasa Karena tidak mendapat parkir di BEJ maka Mobil di
Parkir di CAFE BENGKEL.. SEMANGGI dngan Jarak 1 km dari BEJ.
Sore jam 16.30 pulang kantor jalan kaki menuju parkir,,, sepanjang
Jalan suamiku merasa kaki tak dapat dilangkahkan. .. ... . Leher terasa
Semakin kaku.. Keringat dingin bercucuran.. Dingin Dan lemas sekali
Seperti tak bisa bernafas.. Beliau berusaha mencapai tempat
Parkir dn berhasil masuk kedalam Mobil.. (tidak sempat menghidupkan
Mobil.. Kaca
Tertutup semua.. Lampu hijet dinyalakan.. Pintu tidak dirapatkan) Dan
Sempat
Menghubungi saya untuk mengatakan "bunda, cepat kemari.. Ayah tidak
Kuat lagi"!

(Suami Ku tipe orang yg tidak pernah mengeluh,, tidak ingin
Merepotkan orang,sangat mandiri..karena perantau Dan biasa hidup susah)
Saya merasa pasti sesuatu terjadi..... .. Karena kenal betul kenal sifat
Beliau. Saya membutuhkan waktu kira2 setengah jam sampai di tempat
Kejadian.. Yang saya temukan
Beliau sudah hampir hilang kesadaran.. Baju basah kuyup seperti
Berendam dikolam air,, muka pucat bagai mayat.. Saya berteriak2 minta
Pertolongan. . .yang kebetulan saat itu banyak2 supir2 sedang bersiap
Jemput majikannya. Orang2 berlari memberikan bantuan..
Baju kering.. Aqua.. Bahkan security membuatkan the panas manis.. Dan
Memaksa
Suami saya untuk minum... Pikiran saya bekerja.. Saya butuh
Pertolongan orang yg
Ahli.. Saya telp sabahat kami seorang dokter di JBE.. Saya ceritakan
Kronologis
Kejadian.. Beliau memandu saya untuk menusuk ujung jari suami dengan
Benda tajam..
Apapun ( waktu itu kuku jari tangan saya) supaya suami saya terkejut
Dan membuat
Kesadaran tidak betul2 hilang2.. Ajak bicara terus.. Dan segera bawa
Ke rumah sakit terdekat... Pilihan cuma Ada dua Rumah Sakit Pusat
Pertamina (RSPP) atau Rumah Sakit Jantung Harapan Kita (RSJHK). Minta
Lakukan EKG..tensi darah.. Itu yang harus saya
Lakukan segera. Pilihan saya ke RSJHK karena arah ke Selatan macet.

Sepanjang perjalanan.. Saya mengajak bicara terus.. Mengendorkan ikat
Pinggang.. Kami
Sampai di rumah sakit.. Kebetulan brankar sedang kosong , jadi saya
Dibantu securiti rumah sakit tersebut mendorong ke UGD dengan kursi
Roda.sampai di UGD suasana hiruk pikuk Dan kebetulan Hari itu UGD
Sangat penuh.. Suami saya ditolak.. Karena dilihat
Masih dapat duduk di kursi roda..dianjurkan untuk ke poli umum saja.
Saya mengikuti saran ahli medis.. Saya antar suami ke poli umumnya
Dan sudah tutup,rasanya. . Sakit seperti tidak diperdulikan.
Tapi..
Allah itu maha penyayang,, CAMPUR TANGAN ALLAH mulai tampak nyata di
Hadapan saya.. Seorang dokter sudah Senior tiba2 Ada di hadapan saya
( sepertinya selesai praktek) beliau tanya Ada apa ? Saya ceritakan
Apa yang terjadi.. Beliau mengajak saya kesebuah ruangan praktek Dan
Mulai melakukan pemeriksaan lengkap.. Muka beliau sangat terkejut
Begitu membaca hasil EKG.. Dunia bagai kiamat waktu beliau
Mengatakan "Suami Ibu terkena Serangan Jantung Koroner"! Harus segera
Penanganan intensif.. Saya mengatakan UGD penuh. Beliau katakan
TIDAK ADA PILIHAN LAIN HARUS KE UGD SEKARANG JUGA..beliau membuat
REKOMENDASI URGENT.. Katakan saja dari DR.AULIA
SANI ( ternyata beliau mantan
Direktur RSJHK).Yang tadinya kami ditolak.. Kemudian diterima
Di UGD walau harus dirawat di kamar yang betul2 penuh Hari itu.di
Situ melihat orang datang dengan keadaan sudah meninggal karena
Terlambat sampai di RS, Saat di UGD tidak pernah satu tenaga medis
Yg menanyakan jaminan apapun kepada saya
( Ternyata ITULAH MOTO RS tersebut, Tindakan Dahulu...... .. Uang baru Nomor
Berikutnya)

Dokter Aulia turun tangan langsung,didampingi dokter Robert dokter
Jaga UGD saat itu.. Suamiku di tangani seksama... 1 jam berkutnya aku
Dipanggil keruangan dokter2... Disana sudah Ada dokter Aulia & Robert..
Beliau menjelaskan kondisi suamiku yang sebenarnya.. Dan mereka
Bertanya apa yang terjadi 1 minggu kebelakang sebelum suamiku kena
Serangan jantung Hari ini..aku cerita rangkaian kejadian.. Beberapa
Malam yang kami kira masuk angin... Beliau katakan

PADA MALAM2 ITU SEBENARNYA JANTUNG SUDAH TERKENA
SERANGAN WALAUPUN RITME KECIL.. TAPI SUDAH ADA BEBERAPA KOMPONEN
JANTUNG YANG MELEMAH..hingga saat serangan dahsyat datang..
Langsung menganggu Dan RUSAK...

Rupanya itu belum selesai.. Dokter minta saya berdoa banyak... 3 jam
berikutnya adalah MASA PENENTUAN.. karena akan datang serangan KEDUA
yang maha DAHSYAT sementara akibat dari serangan pertama.. ada
pembuluh yang rusak..biasanya orang jarang selamat.. karena faktor
TIDAK MENGERTI.. DAN TIDAK DITANGANI
DENGAN TEPAT.
Mereka mengatakan
FUNGSI JANTUNG suamiku untuk sementara diganti dengan MESIN PACU
JANTUNG. Mudahan2 ini dapat membantu bertahan. ( waktu serangan
pertama, dada belum terasa sakit).. kira2 jam 21.00 suamiku mengalami
Serangan Jantung Kedua yang membuat denyut jantung berkisar 40.. (
padahal normal 70 ) jam 11.00 suamiku langsung di masukan ke ICU
karena kondisi kritis.. dada sakit hebat.. sesak tidak dapat
bernafas..( pada saat itu aku hanya bisa menangis.. bingung.. sendiri)

Allah banyak membantu kami .. aku banyak bertemu orang yang senasib
sepertiku..
yang mereka sudah ada di RS tersebut berbulan2 lamanya.Aku bertemu
dokter2 hebat yang baik hati dan banyak memberi pertolongan
penjelasan yang mudah aku mengerti..dorongan dan suport dari semua
teman keluarga dan sahabat dari luar daerah dan luar negeri yang
membuat aku berkata "AKU HARUS
KUAT..SUAMI MEMBUTUHKAN AKU & ANAK2 BUTUH AKU ")

Pasangan hidupku terbaring lam 20 hari di ICU dengan keadaan semakin
drop,,, sementara dokter2 benar-benar mempersiapkan tindakan yg
paling tepat . hari ke 20 dipersiapkan Katerisasi dipimpin Dr.
Kaligis ( tindakan medis mengalirkan cairan putih (kontras) ke dalam
semua pembuluh jantung untuk mencari dimanakah sumber penyumbatan
akibat KOLESTEROL dan pembalonan di lokasi penyumbatan diiringi
pemasangan STAND / RING sesuai panjang sumbatan.(Tindakan seperti ini
sangat MAHAL) hingga bila terjadi penyumbatan lebih dari tiga buah
dokter2 menganjurkan untuk BY PAS yg kesempatannya fivety-fivety. .
(harga RECOVERY sebuah
jantung sakit itu sama dengan harga sebuah rumah atau mobil mewah)

SAYANGILAH JANTUNG ANDA...

Tapi itu belum seberapa.... Pasangan hidup kita... akan memulai masa
penyembuhan. ., dengan banyak memerlukan perhatian makanan,kasih
sayang yang lebih banyak dari
semula..kesabaran yang tak TERHINGGA.. karena mereka mulai sehat
dengan proses kepercayaan diri yang hilang,,, dan sifat yang berubah
180 derajat, sangat sesintif dan mudah tersinggung. itu semua
PROSES.. yang kita sebagai pasangan hidup tidak pernah tau kapan
berakhirnya. ...anggap itu semua IBADAH

SARANKU..

HINDARI MAKANAN PADANG .. 75% pasien jantung penyuka Masakan Padang

Sekali2 cobalah datang ke RSJHK.. disana terlihat pasien jantung
koroner mulai di usia diatas 25 thn..

Diatas umur 30 kita sudah terkena resiko pengentalan darah. Perempuan
jika masih haid terlindungi dari penyakit jantung karena memiliki
HORMON .

Jika di masa subur wanita terkena sakit jantung.. itu adalah cacat
bawaan seperti kebocoran KATUP & KLEP.
berolah raga yang ringan saja.. DIANJURKAn berjalan kaki pagi hari Ø
3 km atau berenang.. Hindari olahraga yang menguras tenaga jika dari
dulu kita buan
pencinta olah raga tersebut. Olah raga yang menguras tenaga memacu
ADRENALIN,

Makan banyak SAYUR dan BUAH untuk menghancurkan KOLESTEROL jahat di
tubuh kita. Hindari Rokok walaupun Pasif.... Mulailah Hidup Sehat
sebelum terlambat.. karena
keluarga masih membutuhkan kita. Ø Insya'allah berguna dan bermanfaat


Serangan Jantung dan kebiasaan Minum Air Panas / hangat....

Artikel ini berguna untuk semua.

Bukan saja anjuran meminum air panas selepas makan, tetapi
berhubungan dengan SERANGAN JANTUNG!!!!.
Secara logik..., mungkin ada kebenarannya. . Orang-orang China dan
Jepang mengamalkan minum teh panas sewaktu makan.... dan bukannya air
ES. Mungkin sudah tiba masanya kita meniru kebiasaan minum air panas
/ hangat
sewaktu menikmati hidangan!!!!
Kita tidak akan kehilangan apa-apa... malah akan mendapat faedah dari
kebiasaan ini.
Kepada siapa yang suka minum air ES, artikel ini sesuai untuk anda
Baca. Memang enak dan segar minum air ES selepas makan, tetapi akan
berakibat fatal !!

Walaubagaimanapun, Air ES akan membekukan makanan berminyak
yang baru kita makan. Ia akan melambatkan proses pencernaan kita.
Bila lemak-lemak ini terbentuk di dalam usus, ia akan menyempitkan
banyak saluran dan lama kelamaan ia akan menyebabkan lemak berkumpul
dan kita semakin gemuk dan menuju ke arah mendapat berbagai PENYAKIT.

Jalan terbaik...adalah untuk minum sup panas atau air PANAS/hangat
selepas makan.


:Nota penting tentang SERANGAN JANTUNG!!!

Anda perlu tahu bahwa tanda-tanda serangan jantung akan mulai terasa
pada tangan sebelah kiri.

Berhati-hati juga pada permulaan sakit sedikit-sedikit pada bagian
atas dada anda. Anda mungkin tidak akan mengalami sakit dada pada
serangan pertama serangan jantung.

Keletihan dan berkeringat adalah tanda-tanda pada umumnya. Malah 60%
pengidap SAKIT JANTUNG tidak bangun selepas tidur.
Marilah kita berwaspada dan berhati-hati.

Lebih banyak kita tahu, lebih cerah peluang kita untuk terus hidup...
PAKAR SAKIT JANTUNG berkata, jika semua orang yang mendapat e-mail
ini menghantar kepada 10 orang yang lain, beliau yakin akan dapat
menyelamatkan satu nyawa.
Baca ini.... ia juga mungkin dapat menyelamatkan nyawa anda!!!!.

**Jadilah teman yang setia dan teruskan menghantar artikel ini kepada
teman-teman yang anda sayangi..... !!!!










0 comments:

Post a Comment