11.15.2008

Sudah Amankah Instalasi Listrik anda

Posted by gustaf parlindungan lumban tobing On 11/15/2008 10:02:00 AM No comments
Sudah Amankah Instalasi Listrik anda
Sudah Amankah Instalasi Listrik anda PDF Print E-mail
Written by instalasilistrik.com
Friday, 15 August 2008 08:08
Sudah amankah instalasi listrik rumah anda ?

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi rumah tangga maupun industri, hal ini menyebabkan instalasi listrik yang dibangun untuk pasokan sumber penerangan tersebut harus dilakukan dengan benar, karena listrik juga dapat menjadi alat yang merenggut nyawa. Instalasi listrik yang dibuat dengan sembarangan dapat mengakibatkan kita terkena strum yang bisa membuat kejang otot bahkan berakibat kematian. Pemakaian listrik yang salah juga dapat berakibat kebakaran.

Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan untuk menjamin bahwa listrik yang digunakan sehari-hari aman :

1. Dalam membuat jaringan Instalasi listrik gunakanlah peralatan listrik yang sudah teruji keamanannya. Dalam penggunaan kabel, stop kontak, MCB dll sebaiknya pilih peralatan yang berlogo SNI, karena peralatan tersebut tidak cepat panas dan kualitaasnya sangat baik. Tentu saja harga untuk peralatan listrik jenis ini akan lebih mahal.
2. Instalasi listrik sebaiknya tidak menggunakan kabel serabut untuk stop kontak yang akan dibebani peralatan listrik berdaya besar, kebel serabut dapat beresiko korsleting karena kabel jenis ini tidak mampu menahan beban listrik yang besar. Untuk kualitas instalasi listrik yang baik gunakan kabel berisi kawat tembaga.
3. Bilamana akan melakukan perbaikan listrik, jangan menggunakan tangan yang dalam keadaan basah karena dapat mengakibatkan kesetrum dan sebaiknya gunakan alas kaki pada saat memperbaiki peralatan listrik karena tubuh kita merupakan penghantar listrik yang baik.
4. Untuk peralatan elektronik yang sensitif gunakan stabilizer, karena listrik kita masih sering tidak stabil sehingga dapat mencegah kerusakan pada peralatan elektronik. Untuk peralatan seperti komputer sebaiknya menggunakan UPS bilamana kita tinggal di daerah yang sering kena giliran pemadaman lampu.
5. Hindari anak-anak agar tidak bermain disekitar stop kontak listrik, gunakan stop kontak yang memakai tutup bila terpaksa harus berada di tempat yang dapat dijangkau anak2.

* Jangan menggunakan stop kontak yang bertumpuk-tumpuk dalam 1 lobang, karena akan menimbulkan panas dan dapat mengakibatkan terbakarnya stop kontak tersebut.
* Matikan saklar lampu terlebih dahulu bilamana akan mengganti bohlam lampu.
* Putuskan aliran instalasi listrik bila terjadi korsleting atau bila kita mencium adanya bau hangus terbakar di sekitar stop kontak atau dalam jaringan instalasi listrik. Matikan aliran listrik dari saklar ataupun dari MCB bila terpaksa.
* Potonglah ranting pohon yang berada disekitar kabel listrik sebelum menyentuh kabel tersebut, jagalah agar anak anda tidak bermain layangan disekitar jaringan listrik.
* Jangan bertindak curang dengan melakukan pencurian listrik atau memasang alat modifikasi pada meteran listrik, karena dapat membuat anda berhubungan dengan polisi.

0 comments:

Post a Comment